1 Lot Saham Berapa Lembar

2 min read

1 Lot Saham Berapa Lembar

1 Lot Saham Berapa Lembar. Di dunia investasi, ada banyak istilah khusus, satu diantaranya ialah “lot”. Seorang yang baru belajar jadi investor tentu pernah bertanya harga 1 lot saham dan berapa banyak lembar saham di dalam 1 lot. Apa Anda satu diantaranya? Jika iya, baca ulasan mengenai lot saham dari OCBC NISP di bawah ini.

Secara terminologis, di dunia saham, lot ialah unit standard untuk menyebutkan nominal instrument keuangan yang diperjualbelikan dalam bursa. Saat sebelum tahun 2014, Bursa Dampak Indonesia memutuskan standard 1 lot saham berapakah helai, yaitu sekitar 500 helai. Namun, berdasar peraturan terkini, standard jumlah helai 1 lot saham ialah 100.

Walau standard helai saham 1 lot berlaku untuk semuanya perusahan, harga saham per lot masih tetap berbeda. Maka dari itu, ada perusahaan yang harga 1 lot sahamnya dapat capai Rp1,5 milyar dengan nominal Rp15 juta/helai saham. Dan banyak juga perusahaan pada harga 1 lot saham sejumlah Rp150 ribu, karena per helai sahamnya dipasarkan sejumlah Rp1,500 saja.

Sesudah lot saham dilepaskan emiten ke khalayak lewat proses IPO, penetapan harga 1 lot saham ialah mutlak ditetapkan keinginan (permintaan) investor dalam pasar. Oleh karenanya, lumrah bila ada perusahaan yang harga saham 1 lotnya Rp15 juta, walau sebenarnya satu minggu awalnya harga saham itu cuma Rp5 juta/lot.

Kenyataannya, banyak investor – khususnya pemula – bertanya mengapa membeli saham harus langsung 1 lot, walau sebenarnya perhitungan miliknya masih tetap per helai. Sebetulnya, penetapan 1 lot saham berapakah helai oleh BEI punyai banyak arah, salah satunya:

Jaga Nominal Bagus Transaksi bisnis Saham

Arah pertama BEI tentukan 1 lot saham berapakah helai ialah buat jaga nominal bagus transaksi bisnis di antara emiten, underwriter, dan investor. Agar lebih gampang, coba kita pikirkan bila BEI meluluskan pembelian saham per helai, bukan per lot.

Sebagai contoh, PT. ALFA lakukan emisi saham dengan harga Rp1,500/helai. Bila saham dapat diperoleh per helai, karena itu bisa terjadi transaksi bisnis-transaksi dengan nominal kecil. Ini tidak efektif, baik dari segi perusahaan emiten, underwriter, atau bursa dampak.

Percepat Perusahaan dalam Terima Pendanaan

Arah selanjutnya penetapan standard lot saham ialah buat membuat perlindungan perusahaan dari investor yang kurang serius. Arah perusahaan lakukan emisi saham ialah buat memperoleh kontribusi pendanaan dengan jumlah besar. Bila tidak ada penetapan harga saham per lot, proses pemasaran saham perusahaan akan memerlukan waktu semakin lama.

Memudahkan Penghitungan Keuntungan Investasi

Pada intinya, penentuan standard 1 lot saham berapakah helai oleh BEI akan menolong aktor pasar modal lakukan penghitungan keuntungan investasi, baik dari sisi dividen atau yield-nya.

Misalkan, PT. BETA pada harga saham Rp865/helai alami peningkatan harga jadi Rp1,125/helai. Bila penghitungan keuntungannya per helai, karena itu keuntungan melakukan investasi di perusahaan itu hanya Rp260. Berbeda keadaannya bila perhitungannya berdasar lot saham. Keuntungan melakukan investasi di PT. BETA itu jadi Rp260 ribu per 1 lot-nya, bermodal Rp865 ribu.

Menarik Ketertarikan Investasi Warga

Arah paling akhir penentuan 1 lot saham ialah buat menarik semakin banyak warga untuk melakukan investasi. Sama seperti yang telah kita replikasikan di atas, penghitungan keuntungan per helai saham sangat tidak berarti. Kebalikannya, penghitungan keuntungan per lot saham terlihat makin menarik, karena banyaknya lebih besar.

Kadang, penetapan 1 lot saham berapakah helai oleh bursa dampak kesannya memperberat, khususnya untuk investor pemula. Namun, berikut ini ada banyak panduan dari OCBC NISP supaya Anda dapat melakukan investasi secara mudah dan masih tetap memberikan keuntungan, berapa saja lot yang dapat Anda membeli.

Kenali Harga Lot Saham yang Ditargetkan

Saat sebelum beli saham satu perusahaan, pertama kali Anda perlu pelajari dahulu berapakah rerata harga 1 lot saham dari perusahaan sasaran investasi. Kenyataannya, semakin tinggi rekam jejak perusahaan, harga saham per lotnya akan semakin besar. Untuk ketahui harga saham per lot perusahaan dambaan, Anda dapat memeriksanya langsung di internet.

Menabung Supaya Dapat Membeli 1 Lot Saham Atau Lebih

Cara ke-2 menyiasati harga 1 lot saham dengan menabung lebih dahulu. Bila perusahaan sasaran investasi Anda punyai harga saham per lot yang tinggi, Anda dapat simpan peruntukan dana lebih dahulu dan menabungnya sampai cukup buat membeli saham 1 lot.

Kerjakan Analisis Prospect Saham Itu di Periode Depan

Sekalian menanti dana tabungan investasi terkumpul, Anda dapat kumpulkan beragam data dan menganalisis prospect saham perusahaan yang ditargetkan. Tidak bisa disangkal, investasi di pasar modal benar-benar tergantung pada kekuatan berpikiran krisis dan analisis.

Mulai Dari Saham Perusahaan Kecil Lebih Dahulu

Banyak investor pemula punyai mimpi mempunyai prosentase saham perusahaan blue chip. Namun, permasalahannya harga 1 lot saham blue chip dapat capai belasan ribu sampai juta-an rupiah.

Oleh karenanya, sebagai permulaan seharusnya Anda mulai investasi saham di perusahaan kecil lebih dahulu. Sesudah dana tabungan investasi semakin bertambah, Anda dapat membulatkan tekad beli saham perusahaan yang semakin besar.

Terus Dalami Langkah Melakukan investasi yang Baik dan Memberikan keuntungan

Panduan investasi selanjutnya dari OCBC NISP ialah tetaplah belajar! Sekitar apa saja peruntukan dana investasinya, Anda tidak menjadi investor sukses bila tidak mempertajam kekuatan investasi dengan stabil. Oleh karenanya, yakinkan Anda selalu latih kekuatan berpikiran krisis, membaca trend, dan analisis prospect saham di masa datang.

Jadi saat ini sahabat OCBC NISP sudah mengetahui kan 1 lot saham berapakah helai? Karena sudah mengetahui, memiliki arti saat ini Anda mulai bisa lakukan penghitungan berapakah bujet yang perlu Anda mengumpulkan untuk membeli saham . Maka semangat ya investasinya!

Advertisement