Bagian-Bagian Akar Padi

Bantuin Share Yuk!

Padi adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di kawasan Asia Tenggara. Tidak heran jika buah dari tanaman monokotil ini dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh negara beriklim tropis seperti Indonesia. Tahukah Anda bahwa bagian-bagian akar padi memiliki beberapa keunikan tersendiri yang patut Anda pelajari lebih lanjut.

Bagian-Bagian Akar Padi
Bagian-Bagian Akar Padi

Tanaman yang mempunyai nama latin Oryza Sativa ini mempunyai 4 bagian penyusun pada akarnya. Bagian-bagian dari akar tanaman tersebut di antaranya radikula, akar serabut, akar rambut dan akar tajuk. Adapun detail informasi dari keempat bagian penyusun akar tanaman padi tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

Bagian-Bagian Akar Padi

  1. Radikula
    Radikula merupakan akar yang senantiasa tumbuh pada saat benih mulai berkecambah. Ketika benih mulai berkecambah itulah maka kemunculan akar dan batang terjadi. Calon akar yang disebabkan oleh bagian radikula akan mengalami pertumbuhan ke arah bawah. Pertumbuhan ini akan menyebabkan terbentuknya akar tunggang. Karena alasan itulah, radikula sering disebut sebagai akar tunggang.

    Sementara itu, calon batang yang mengalami pertumbuhan ke atas akan membentuk batang. Tidak hanya itu saja, calon batang tersebut juga akan membentuk daun. Bagian radikula inilah yang memiliki andil besar dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi.
  2. Akar serabut
    Akar serabut adalah salah satu bagian-bagian akar padi yang harus Anda tahu berikutnya. Sesuai dengan namanya, akar serabut berbentuk mirip serabut serta memiliki ukuran serabut yang amat kecil. Akar serabut pada tanaman padi akan tumbuh setelah tanaman tersebut berusia 5 hingga 6 hari. Akar yang juga disebut sebagai akaradventif ini senantiasa menjadikan tamanan padi akan lebih kokoh.

    Akar serabut yang dimiliki oleh tanaman padi serupa dengan akar serabut yang dimiliki oleh tanaman lain seperti kelapa dan jagung. Hal ini karena ketiga tanaman tersebut sama-sama merupakan tanaman berkeping satu.
  3. Akar rambut
    Akar yang juga familiar dengan sebutan akar rumput ini merupakan akar yang keluar dari akar tunggang maupun serabut pada suatu tumbuhan. Di samping itu, akar rambut memiliki fungsi sebagai saluran pada kulit akar yang ada di luar. Akar ini juga bermanfaat sebagai pengisap air maupun zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

    Biasanya, akar ini memiliki usia yang pendek dibanding akar tunggang maupun serabut. Meskipun memiliki umur pendek, akan tetapi bentuk dan panjang akar ini sama dengan bentuk dan panjang akar yang dimiliki oleh akar serabut.
  4. Akar tajuk
    Secara singkat dapat dijelaskan bahwa akar yang akrab dengan nama crown roots ini merupakan akar yang tumbuh dari ruas batang terendah. Jika ditinjau dari segi kedalamannya, maka akar tajuk terdiri atas dua bagian yakni akar dangkal dan dalam.

    Akar ini sangat bergantung pada kandungan udara yang ada dalam tanah rendah tersebut. Kerendahan udara yang berada di dalam tanah tersebut akan menyebabkan akar-akar dangkal menjadi lebih mudah untuk berkembang. Hal tersebut berlaku sebaliknya.

    Akar ini sangat bergantung pada kandungan udara yang ada dalam tanah rendah tersebut. Kerendahan udara yang berada di dalam tanah tersebut akan menyebabkan akar-akar dangkal menjadi lebih mudah untuk berkembang. Hal tersebut berlaku sebaliknya.
Baca Juga :  Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Informasi terkait bagian-bagian akar padi tersebut sekiranya dapat memberikan manfaat bagi Anda, khususnya yang ingin mengenal lebih jauh tentang tanaman padi. Selain dapat merasakan manfaat dari tanaman padi, ada baiknya Anda juga bisa mengenal lebih jauh tentang struktur tanaman tersebut.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Pengertian Echinodermata adalah hewan laut yang dikategorikan sebagai hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuhnya dibagi menjadi lima bagian yang tersusun mengelilingi sumbu pusat.
pengertian bangsa adalah suatu kelompok manusia atau masyarakat yang mempunyai kesamaan keturunan, budaya, sejarah, bahasa, dan wilayah tertentu yang dianggap nasional serta memiliki kehendak untuk bersatu.
Fungsi tulang pengumpil adalah menjadi penyusun kerangka lengan bawah sebagai bagian dari kerangka alat gerak atas manusia (ekstremitas atas manusia), tempat melekatnya otot, sejajar dengan tulang hasta, menguatkan lengan bagian…
Letak Jaringan Meristem sekunder berada di kambium, jaringan meristem primer berada di ujung batang, meristem apikal berada diujung akar, batang, dan pucuk tunas, meristem interkalar berada di pangkal ruas batang…


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan