Bagian Mitokondria

Bantuin Share Yuk!

Mitokondria organel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup. Padapembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang Bagian Mitokondria. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Struktur Mitokondria silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Bagian Mitokondria
Gambar Bagian Mitokondria

Bagian-bagian Mitokondria

Membran luar

Membran luar terdiri dari bilayer fosfolipid semipermeabel. Membran luar terdiri dari protein dan lipid dengan proporsi yang sama. Membran luar mengandung porins, yang memungkinkan selaput tersebut menembus molekul kecil dengan ukuran 6000 Dalton.

Membran luar mengandung enzim yang terlibat dalam biosintesis lipid dan enzim yang dapat berperan dalam pengangkutan lipid ke matriks Enzim ini mengalami oksidasi β untuk menghasilkan asetil-KoA. Dengan kata lain, fungsinya membantu proses biosintesis pada jaringan biologis.

Membran bagian dalam

Permeabilitas membran dalam lebih rendah dari pada membran luar, yang terdiri dari 20% lipid dan 80% protein. Membran inilah yang menjadi lokasi utama pembentukan ATP.

Membran dalam mengandung protein yang terlibat dalam reaksi fosforilasi oksidatif, ATP sintase yang dapat digunakan untuk membentuk ATP dalam matriks mitokondria, dan protein transpor, yang berfungsi untuk mengatur masuk dan keluarnya metabolit dari matriks melalui membran dalam.
Fungsi membran bagian dalam yaitu membantu menghasilkan energi dalam jaringan hidup.

Matriks

Matriks mengandung molekul DNA (bertanggung jawab untuk respirasi sel), enzim (bertanggung jawab atas siklus reaksi asam sitrat), gas terlarut (seperti oksigen dan karbon dioksida) dan air.

Fungsi matriks yaitu menyimpan bagian-bagian penting, seperti materi genetik (DNA), ribosom, dan ion penting lainnya.

Bagian Mitokondria yang Memiliki Perangkat Rantai Transpor Elektron

Perangkat rantai transpor elektron ada di Krista, dan puncak gelombang serta matriksnya memiliki nilai pH yang lebih rendah karena transpor elektron, tetapi jika ada atom H, nilai pH dapat dinaikkan mendekati pH terendah = 7,3 derajat.

Demikian penjelasan singkat materi tentang Bagian Mitokondria semoga dapat membantu dan mudah dimengerti. Terimakasih


Bantuin Share Yuk!