Bidai Tulang Kering: SehatQ.com

Bantuin Share Yuk!

Bidai Tulang Kering adalah rasa nyeri yang dirasakan pada tibia karena cidera. Tibia adalah tulang kering yang terletak di bagian depan betis dan tulang ini merupakan kerangka utama dari tungkai bawah. Terkadang penyakit ini sering disangka sebagai nyeri area betis terutama bagian depan.

Bidai Tulang Kering
Bidai Tulang Kering

Dalam istilah medis, bidai tulang kering disebut medial  tibial stress  syndrome, dapat terjadi karena aktivitas fisik seperti berolahraga. Penyakit ini umum terjadi pada orang yang sering melakukan olahraga terutama berlari dan olahraga yang melibatkan banyak beban pada kaki, contohnya: Pemain basket, pemain tenis, bahkan seorang anggota militer.

Nama lain penyakit ini yaitu shin split, penyakit ini biasanya tidak menyebabkann kondisi medis yang serius, akan tetapi bisa membuat penderitanya kesulitan berolahraga. Jika segera diobati maka kondisi ini dapat memburuk.

Ketika sedang terkena penyakit bidai tulang kering, kamu disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik berat sehingga tidak membuat beban tubuh kamu. Untuk mengobati penyakit ini biasanya cukup mengompres kaki dengan es serta beristirahat dengan cukup.

Ciri – Ciri Bidai Tulang Kering

  1. Rasa nyeri pada kedua tulang kering
  2. Nyeri bertambah parah saat menaiki tangga
  3. Tungkai bawah sedikit bengkak
  4. Nyeri di bagian dalam tulang kering

Penyebab Bidai Tulang Kering

Peradangan permukaan tulang (periosteum), urat (tendon), dan otot pada tungkai bawah yang mengakibatkan rasa nyeri karena kegiatan fisik yang berulang. Ada pendapat lain bahwa penyebab lainnya karena kondisi ruang otot pada tungkai bawah lemah atau tidak seimbang.

Terdapat beberapa  hal yang bisa meningkatkan risiko terkena bidai tulang kering yaitu:

  1. Tidak pernah berolahraga, tetapi secara mendadak melakukan olahraga lari.
  2. Berlari di permukaan yang keras dan tidak rata.
  3. Obesitas (memiliki berat badan berlebih).
  4. Menjalani Latihan militer.
  5. Memakai sepatu yang tidak mendukung dalam kegiatan fisik yang dilakukan.
  6. Mempunyai telapak kaki datar atau lengkungan pada telapak kaki yang tinggi, serta mempunyai otot betis dan tendon achiles (jaringan yang menghubungkan otot betis dan tumit) yang kaki
  7. Penambahan durasi, intensitas, atau frekuensi kegiatan olahraga  fisik secara tiba-tiba.
  8. Mempunyai jaringan pergelangan kaki yang lemah.

Cara Mencegah Bidai Tulang Kering

  1. Melakukan pemanasan yang baik dan benar sebelum berolahraga
  2. Sebisa mungkin melakukan olahraga fisik di permukaan tanah yang datar bahkan lembut.
  3. Memakai sepatu olahraga yang  tepat dengan sol atau bantalan sepatu yang mendukung kaki kamu.
  4. Tingkatkan kadar Latihan, kekuatan dan fleksibilitas kamu secara bertahap dan tidak tiba-tiba.
  5. Turunkan berat badan(Cardio) jika berlebih.
  6. Latihan untuk memperkuat serta menstabilkan kaki.

Cara Mengobati Bidai Tulang Kering

Untuk mengobati penyakit ini, dokter hanya menyarankan pasien untuk beristirahat dari olahraga atau aktivitas berat yang melibatkan penekanan pada tulang kering setidaknya selama 2 minggu.

Mengompres dengan kantong es ke bagian yang dirasa nyeri selama 10 – 15 menit, 4 – 8 kali sehari. Cara ini dapat meredakan nyeri dan bengkak.

Bila kamu memerlukan untuk mengonsumsi obat-obatan Pereda rasa sakit, disarankan membeli obat paracetamol, sehingga fungsi tulang kering dapat kembali normal.

Ketika rasa nyeri sudah  mereda, kamu bisa melakukan olahraga fisik lagi akan tetapi harus bertahap tidak boleh langsung berat dan terlalu sering supaya bisa beradaptasi saat pemulihan.

Jika rasa nyeri pada tulang kering muncul Kembali atau kambuh pada saat berolahraga, maka kamu segera menghentikan aktivitas tersebut dan segera temui dokter untuk mengatasi hal ini secara cepat dan tepat.

Bagaimana pembahasan bidai tulang kering? Cukup menarik bukan, semoga saja informasi ini dapat memberikan hal positif kebaikan untuk kalian yang sedang merasakan nyeri di tulang kaki. Ingin tahu soal info penyakit lainnya? Yuk simak di SehatQ.com Terimakasih kak!


Bantuin Share Yuk!
Baca Juga :  Fungsi Tulang Betis