Cara Mudah Membuat Esai Untuk Lomba

Bantuin Share Yuk!

Cara Mudah Membuat Esai Untuk Lomba
Gambar Cara Mudah Membuat Esai Untuk Lomba

Esai merupakan suatu karya tulis yang sering dijadikan perlombaan, khususnya bagu siswa/siswi SMA. Penulisan esai ada dalam pelajaran Bahasa Indonesia, namun sering kali hanya dijelaskan teorinya saja tanpa praktik sehingga siswa minim pengetahuan bagaimana cara membuat esai. Berikut cara membuat dan menulis esai yang praktis.

Apa itu Esai?

Esai adalah sebuah karangan dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh seorang penulis tentang ide atau gagasannya yang bersifat argumentatif hingga membentuk suatu simpulan bagi para pembaca dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Penggunaan bahasa

Untuk penggunaan bahasa yakni harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD) atau bahasa yang digunakan harus baku, jika bahasa yang digunakan tidak baku atau menggunakan bahasa sehari-hari, bahasa daerah , ataupun bahasa asing maka, Kata atau Kalimat tersebut harus ditulis miring.

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka pada Esai sangatlah diperlukan namun, tidak terlalu formal seperti pada karya ilmiah, atau bahkan skripsi.

Esai pada Daftar Pustaka biasanya kerap disebut dengan istilah Bahan Bacaan didalamnya terdapat: Judul Buku, Nama Pengarang, Tahun Terbit, Kota Terbitan. Buku: Nama Penerbit.. Jika bahan bacaan berupa Majalah/Koran, download internet, dan lain lain, wajib diisi seperti daftar pustaka biasa

Cara Cepat Mudah Membuat Esay Untuk Lomba

Penulisan esai untuk lomba diawali dengan langkah pertama, yaitu pahami tema yang akan dibawakan, susun gagasan mengenai tema tersebut menurut gagasan sendiri, perkuat pernyataan dengan cari sumber terpercaya (buku, jurnal, dll.) agar lebih akurat, setelah itu buat kerangka karangan, matangkan, kemudian paparkan dengan Bahasa yang baik dan benar.

Panjang Essai

Dalam pembuatan esai minimal terdiri dari 1 halaman penuh, atau baiknya 2-3 halaman. Jumlah kata juga ada minimalnya, yaitu 1500 kata dan diketik dengan font style Times New Roman ukuran 12, tanpa adanya bab-bab seperti Bab I, Bab II, Bab III, dan seterusnya.

Struktur Esai

Strtuktur esai terdiri dari judul baiknya singkat dan menyambung dengan isinya, penyusun esai, dan identitas penulis menyangkut nama institusi, lalu dilanjut dengan pendahuluan sebagai pembuka, pembahasan, serta diakhiri penutup yang berupa kesimpulan singkat dari pembahasan.

Cara Mudah Membuat Struktur Esai

Cara membuat Struktur Esai sangatlah mudah simak langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pendahuluan
    Menjabarkan menggunakan alasan yang akurat munculnya permasalahan yang perlu mendapat solusi pemecahan)
  2. Tuliskan Sub Judul Pembahasan pertama
    Menjabarkan pembahasan pertama yang berisi argumen-argumen yang akurat dan logis – penjabaran dapat dibuat menjadi beberapa alinea sesuai kebutuhan untuk membantu memperjelas  pembahasan Pertama.
  3. Tuliskan Sub Judul Pembahasan Kedua
    Menjabarkan pembahasan kedua yang berisi argumen-argumen yang akurat dan logis – penjabaran dapat dibuat menjadi beberapa alinea sesuai kebutuhan untuk membantu memperjelas  pembahasan kedua.
  4. Tuliskan Sub Judul Pembahasan Ketiga
    Menjabarkan pembahasan ketiga yang berisi argumen-argumen yang akurat dan logis – penjabaran dapat dibuat menjadi beberapa alinea sesuai kebutuhan untuk membantu memperjelas  pembahasan Ketiga.
  5. Tuliskan Sub Judul Pembahasan jika masih diperlukan
  6. Penutup
    Jabarkan pada satu atau lebih alinea yang hanya berisi gagasan penutup.
    Dapat berupa konklusi menurut semua pembahasan, bisa berupa saran-saran yang perlu dilakukan sang pihak yang berkaitan, bisa berupa ungkapan harapan-harapan, bisa berupa peringatan-peringatan yang perlu diwaspadai dan bentuk lainya yang sifatnya menutup suatu ide/ gagasan.

Demikian pembelajaran mengenai Cara Mudah Membuat Esai Untuk Lomba, Semoga Materi tersebut dapat memberikan penjelasan yang mudah dimengerti. Terimakasih


Bantuin Share Yuk!