Ciri – Ciri Jaringan Meristem

Bantuin Share Yuk!

Keindahan sebuah tumbuhan dapat dinikmati secara langsung ketika tumbuhan tersebut tumbuh subur sehingga bisa dimanfaatkan untuk berlindung dari terik matahari dan juga bisa diambil buahnya. Dibalik kegunaannya yang melimpah, tumbuhan telah didukung oleh jaringan meristem yang memiliki beberapa macam atau jenis. Setiap macam tentu memiliki ciri ciri jaringan meristem sendiri-sendiri.

Ciri-Ciri Jaringan Meristem Thumbnail
Ciri-Ciri Jaringan Meristem Thumbnail

Selain itu, juga terdapat beberapa macam jaringan meristem yang wajib anda ketahui karena jaringan tersebut memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan. Langsung saja, berikut ini adalah penjelasan mengenai apa saja jaringan meristem yang perlu ana ketahui.

Ciri – Ciri Jaringan Meristem yang Penting Bagi Pertumbuhan Tanaman

1. Jaringan Embrional

Jaringan embrional atau jaringan meristem merupakan jaringan yang penting bagi pertumbuhan tanaman. Definisi dari jaringan meristem dapat dikatakan sebagi jaringan yang terdapat pada tumbuhan yang masih terus aktif membelah sehingga membantu pertumbuhan tanaman. Jaringan yang satu ini memiliki ciri-ciri khusus dalam perannya di dalam tumbuhan.

Adapun ciri ciri jaringan meristem embrional yang pertama tentu saja berukuran kecil sehingga harus dilihat melalui penelitian. Selain itu, jaringan ini memiliki banyak sitoplasma, dan juga mempunyai titipotensi yang tinggi. Jaringan meristem ini dapat dibedakan menjadi jaringan promer dan sekunder yang akan dibahas di paragraf berikut di bawah ini.

Baca Juga :  Sistem Organ Echinodermata

2. Jaringan Meristem Primer

Melakukan penelitian tentang jaringan meristem pada tumbuhan bisa jadi menjadi hal yang menyenangkan. Setidaknya, anda bisa temukan bahwa terdapat jraingan yang disebut jaringan  meristem primer di dalam tanaman yang merupakan jaringan meristem pada tumbuhan yang berasal dari sel embrionik. Walau masih jaringan muda, jenis jaringan ini tetap penting bagi tanaman.

Untuk mengetahui fungsi jaringan meristem, anda bisa melihat dari ciri ciri jaringan meristem primer itu sendiri yaitu jaringan yang terletak di ujung batang dan akar. Karena terletak di ujung organ penting pada tumbuhan, fungsi dari jaringan ini tentu saja adalah untuk memperpanjang batang maupun akar pada tumbuhan melalui aktivitas yang dilakukan oleh jaringan meristem primer tersebut.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Telapak Tangan

3. Jaringan Meristem Sekunder

Nama jaringan meristem yang tidak kalah penting adalah jaringan meristem sekunder. Berbeda dari jaringan meristem primer, jaringan meristem sekunder berasal dari sebuah jaringan dewasa yang awalnya sudah berhenti bertumbuh tetapi kemudian menjadi embrional kembali. Adapun jaringan sekunder ini terdapat pada kambium dan kambium gabus yang membuatnya memiliki peran tersendiri.

Keberadaan jaringan meristem sekunder memiliki peran untuk membuat tanaman tumbuh menjadi besar. Kalau anda ingin melihat ciri ciri jaringan meristem sekunder lebih dekat, anda bisa melakukan penelitian pada tumbuhan Gymnospermae yang di dalamnya terdapat jaringan kambium. Sedangkan kambium gabus biasanya terdapat pada bagian luar kulit batang yang sulit di lalui air.

Baca Juga :  Pembuluh Xilem dan Floem

4. Jaringan meristem lateral

Jaringan meristem selanjutnya bernama jaringan meristem lateral. Sebenarnya nama ini adalah nama aringan yang dibedakan berdasarkan letaknya. Dan definisi jaringan meristem lateral adalah jaringan meristem yang terdapat di samping permukaan organ. Jaringan meristem lateral menjadi jaringan yang penting bersamaan dengan jaringan apikal dan interkalar.

Ciri ciri jaringan meristem lateral tentu saja dapat dilihat dari letaknya, dimana jaringan ini terletak di samping sejajar dengan permukaan organ tumbuhan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melakukan penelitian pada kambium dan kambium gabus dimana didalamnya terdapat jaringan lateral tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Gabus

Itulah ciri ciri jaringan meristematik beserta macamnya yang memiliki nama sendiri-sendiri. Pertumbuhan tanaman bisa menjadi maksimal ketika jaringan meristem yang ada di dalamnya melakukan aktivitasnya dengan baik pula.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Ciri – Ciri Echinodermata : 1. Mempunyai sistem tabung jaringan hidrolik, 2. Tidak memiliki sistem eksresi. 3. Perkembangbiakan secaraseksual. 4. Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan – tonjolan yang menyerupai…


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan