Ciri – Ciri Xilem dan Floem

Bantuin Share Yuk!

Tumbuhan sebagai jenis makhluk hidup juga memiliki jaringan yang memiliki beragam fungsi. Salah satu jaringan yang terdapat pada tumbuhan yaitu xilem dan floem. Kedua jaringan pembuluh atau yang bisa disebut jaringan pengangkut ini memiliki tugas mengangkut hasil aktivitas yang disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Ciri - Ciri Xilem dan Floem
Ciri – Ciri Xilem dan Floem

Kedua jaringan ini hanya dimiliki oleh tumbuhan yang memiliki pertumbuhan tingkat tinggi karena mendistribusikan mineral dan hasil fotosintesis secara rutin. Sedangkan tumbuhan pada tingkat pertumbuhan yang rendah cukup melakukan pengangkutan melalui sel. Lalu, bagaimana ciri-ciri dari xilem dan floem? Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan di bawah ini!

Apa ciri ciri xilem?

Ciri – ciri xilem adalah tersusun atas berbagai macam sel, sel – sel penyusun telah mati, tipe selnya trakeid, sel – sek penyusun telah mati, dinding sel tebal, mengandung lignin, terdiri dari trakea, trakeid serabut xilem, parenkim kayu.

Apa ciri ciri floem?

Terdiri dari sel – sel hidup, berdinding melintang dan memiliki pori, berdinding selulosa, terdiri dari pembuluh tapis sel pengantar, sel albumen, parenkim floem dan serat floem.

Ciri – Ciri Xilem

Xilem atau yang sering disebut sebagai pembuluh kayu berfungsi sebagai pengangkut air dan bahan mineral yang diperoleh dari akar ke daun. Xilem juga dapat berfungsi sebagai jaringan penyokong karena tersusun dari berbagai macam sel yang dilapisi oleh lignin.

Berdasarkan lokasi, xilem terletak di tengah pada akar tumbuhan dikotil. Selain itu, pada bagian batang, xilem terletak di bagian dalam kambium. Sehingga aktivitas yang dilakukan oleh xilem berada di area yang telah dijelaskan tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Echinodermata

Ciri-ciri xilem juga dapat dilihat berdasarkan unsur utama pembentukannya. Unsur utama yang menyusun xilem adalah trakeid, trakea, dan parenkim xilem. Ketiganya memiliki komponen dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda pada jaringan xilem.

Adapun proses aktivitas xilem dalam memenuhi tugasnya sebagai jaringan pengangkut menggunakan metode transfortasi ekstravaskuler. Dimana pengangkutan air dan mineral yang dilakukan oleh xilem ini berbentuk horizontal dan melalui proses yang panjang untuk sampai ke daun.

Ciri – Ciri Floem

Floem adalah jaringan pembuluh atau pengangkut yang membawa hasil fotosintesis pada daun dengan rute yang telah dimiliki. Hasil fotosintesis tersebut akan disebarkan ke seluruh bagian pada tubuh tumbuhan. Floem ini disusun oleh sel-sel hidup seperti kulit kayu, sel parenkim kulit kayu, sel penyerta, sel serabut, dan sel tapis.

Dilihat berdasarkan lokasi, floem terletak di antara jari-jari yang telah terbentuk dari adanya aktivitas yang dilakukan oleh xilem pada akar dikotil. Pada bagian batang, floem terletak di bagian luar kambium yang merupakan jalan dari rute aktivitas yang dijalankan oleh floem.

Baca Juga :  Xilem dan Floem Pada Daun

Adapun unsur utama yang menjadi ciri khas floem adalah unsur-unsur tapis, sel pengantar, sel albumin, parenkim floem, dan serat-serat floem. Unsur-unsur tersebut memiliki pengertian dan fungsi masing-masing berdasarkan komponen yang melekat di dalamnya.

Dalam proses berjalannya floem sebagai jaringan pengangkut, terdapat metode yaitu transfortasi intravaskuler. Dimana ketika air dan garam yang telah diangkut xilem menuju daun akan berfotosintesis. Hasil fotosintesis itulah yang kemudian disebarkan oleh floem ke seluruh tubuh bagian tumbuhan.

Ciri – Ciri Xilem dan Floem dalam Bentuk Tabel

Ciri-ciri xilem dan floem tentu tidak mudah dipahami tanpa adanya penjelasan yang runtut di dalamnya. Perbedaan ciri antara xilem dan floem sangat jelas, namun disediakan table untuk menggambarkan ciri dari masing-masing jaringan tersebut.

Ciri-Ciri XilemCiri-ciri Floem
Mengandung ligninBerdinding selulosa
Dinding selnya tebalBerdinding melintang dan berpori
Tipe sel trakeidTersusun dari sel-sel hidup
Terdiri dari sel penyusun yang telah matiParenkim floem
Tersusun dari berbagai macam selTerdiri dari pembuluh tapis sel pengantar
Terdiri atas trakea, trakeid serabut xilem, dan parenkim kayuSel albumin
 Serat floem
Tabel ciri – ciri xilem dan floem

Penjelasan tentang ciri-ciri xilem dan floem di atas tentu dapat menggambarkan secara detail beberapa hal yang membedakan antara xilem dan floem tersebut. Adanya penjelasan tentang ciri-ciri yang jelas serta memiliki komponen yang berbeda.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan