Contoh Jaringan Meristem

Bantuin Share Yuk!

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang paling dekat dengan manusia. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan memiliki caranya sendiri dalam mempertahankan kehidupannya. Tidak hanya memiliki organ yang terlihat saja seperti daun, batang, dll, tumbuhan juga memiliki bagian tubuh yang kecil yang disebut jaringan meristem dan permanen. Apa saja contoh jaringan meristem tersebut?

Contoh Jaringan Meristem
Contoh Jaringan Meristem

Sebelum mengetahui apa saja jaringan meristem pada tumbuhan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana pembagian jaringan meristem pada tumbuhan. Hal ini dikarenakan tumbuhan disusun oleh beberapa jenis jaringan yang memiliki fungsinya masing-masing. Setiap jaringan pun memiliki pembagiannya masing-masing pula. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Betis

Jenis dan Contoh Jaringan Meristem

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa pembagian jaringan meristem dan permanen pada tumbuhan.

1. Jaringan meristem berdasarkan asal-usulnya

Beberapa jenis jaringan meristem pada tumbuhan dimulai dari pengelompokan jaringan ini berdasarkan asal-usulnya. Secara ringkas, berdasarkan asal-usulnya jaringan meristem dibagi menjadi tiga yaitu, promeristem, jaringan meristem primer dan jaringan meristem sekunder. Masing-masing jaringan tersebut memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Jaringan promeristem merupakan awal dari jaringan meristem yang berkembang menjadi jaringan meristem primer. Contoh jaringan meristem primer terdapat pada ujung akar dan ujung batang yang terdapat pada tumbuhan. Kinerja jaringan meristem primer tersebut mengakibatkan batang dan akar pada tumbuhan dapat berkembang menjadi lebih panjang dan tinggi.

Baca Juga :  Pertumbuhan Primer dan Sekunder

2. Jaringan meristem berdasarkan letaknya

Jika dilihat dari letaknya, jaringan meristem juga bisa dibagi menjadi tiga, yaitu jaringan meristem apikal, lateral dan interkalar. Mudah saja untuk membedakannya, jaringan apikal terdapat di pangkal, lateral di samping, dan interkalar di antara bagian-bagian pada tumbuhan. Yang termasuk contoh jaringan meristem apikal, anda bisa temukan pada jaringan di ujung akar dan ujung batang pada tanaman.

Untuk mempermudah pengenalan, jaringan apikal ini lebih khusus terletak di titik tumbuh primer atau utama, sehingga contoh yang paling dekat adalah terdapat pada ujung akar dan batang. Akar merupakan organ primer pada tumbuhan yang berfungsi untuk mencari makanan, sedangkan batang menjadi tempat untuk menjaga agar tanaman tetap berdiri kokoh juga untuk menyalurkan makanan.

Berbeda dengan jaringan apikal, jaringan samping berada di samping dari organ tanaman. Adapun contoh jaringan meristem lateral adalah terdapat pada kambium dimana kambium memiliki fungsi untuk membentuk cabang akar maupun juga untuk membentuk tunas batang. Dan contoh dari jaringan meristem interkalar adalah jaringan yang terdapat pada pangkal ruas rumput-rumputan dan juga pada tebu.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jaringan Gabus

3. Jaringan permanen pada tumbuhan

Selain memiliki jaringan meristem, tumbuhan juga memiliki jaringan permanen yang tidak kalah pentingnya dengan peran jaringan meristem tersebut. Terjadinya jaringan permanen adalah setelah terdapat proses berhenti membelah yang dilakukan oleh jaringan pada tanaman. Jaringan primer tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu jaringan epidermis, gabus, penyokong, pengangkut dan parenkim.

Terdapat banyak contoh jaringan meristem dan permanen terutama jaringan permanen yang menjadi pembahasan utama kali ini. Salah satu contoh jaringan permanen tersebut adalah jaringan yang terdapat pada akar, dimana terdapat rambut akar. Jaringan permanen yang disebut jaringan epidermis ini biasanya juga memiliki kutikula yang berfungsi untuk mengurangi penguapan pada tanaman.

Baca Juga :  Pembuluh Xilem dan Floem

Itulah beberapa contoh jaringan meristem pada tumbuhan yang perlu anda ketahui. Untuk mempertahankan hidup, ternyata tumbuhan memiliki caranya tersendiri yang harus dipelajari agar manusia dapat belajar untuk melestarikan lingkungan terutama tumbuhan disekitarnya.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan