DNA Mitokondria

Bantuin Share Yuk!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang DNA Mitokondria, menarik bukan? sebelumnya taukah kalian tentang DNA? DNA merupakan kode genetik sel dari anak yang akan mewarisi karakteristik yang sama dari sel induknya. sedangkan mitokondria yaitu organel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup.

DNA Mitokondria yaitu DNA yang pewarisan sifat atau karakteristik yang hanya diwariskan dari ibu (maternally inherited) yang terdapat pada Mitokondria.

DNA Mitokondria
Gambar DNA Mitokondria

Asal-usul Manusia Modern Menurut Penelitian DNA Mitokondria

Arkeolog bersama ilmuwan lainnya menemukan darimana asal usul manusia modern sekitar 200ribu tahun yang lalu. Dasar dari teori ini adalah berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian dna mitokondria gen perempuan dan gen laki laki.

Bukti yang ditemukan dalam penelitian dna kerangka cukup banyak salah satunya awalnya menyimpang dan dianggap tertua dalam hal genetik. Penelusuran asal usul manusia selama puluhan tahun para ilmuwan bersungguh sungguh dalam menggabung-gabungkan riwayat fosil yang didapatkan di berbagai belahan bumi.

Dna awal pria atau DNA Mitokondria diurut untuk mendapatkan petunjuk awal prasejarah manusia. Menurut ahli dari amerika serikat max ingman manusia modern yang ada sekarang ini berasal dari afrika antara gambar.

Penelusuran asal usul manusia seperti mendapatkan darah baru setelah penerapan teknologi genetika dengan menggunakan dna mitokondria mtdna untuk mencari tahu hubungan kekerabatan antarpopulasi. Pencarian asal usul manusia memang menarik untuk diketahui.

Dasar dari teori ini adalah berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA Mitokondria gen perempuan dan gen laki laki. Mengapa menelusuri asal usul leluhur penting.

Penemu DNA Mitokondria

Ilmuwan dari Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati (CCHMC) Cina, Taosheng Huang dan rekannya, menemukan pola DNA Mitokondria (mtDNA) campuran ayah dan ibu pada 17 orang dari tiga keluarga.

Fungsi DNA Mitokondria

Fungsi DNA Mitokondria yahitu untuk respirasi sel melalui reaksi enzimatik yang disebut reaksi rantai oxidative phosphorylation (OXPHOS).

Tabel Perbedaan DNA Mitokondria dan Nukleus

NoDNA MitokondriaDNA Nukleus
1.Merupakan rantai DNAOrganel Inti sel
2.mtDNA, yang memiliki struktur melingkar yang tertutup, dan tidak dikelilingi oleh membran apa pun nDNA memiliki struktur linear terbuka yang dikelilingi oleh membran nuklir
3.mtDNA terletak hanya di mitokondria berisi 100-1000 salinan dalam sel somatik DNA nuklear terletak di nukleus setiap sel eukariotik 
4.Kromosom mtDNA tunggal jauh lebih pendek Genom nuklir jauh lebih besar,
5. nDNA mengikuti model kodon universal,Beberapa urutan pengkodean mitokondria (triple codon) tidak mengikuti pola kodon universal ketika dikonversi menjadi protein
Tabel Perbedaan DNA Mitokondria dengan DNA Nukleus

Molekul DNA Mitokondria Terdapat di bagian

Molekul DNA Mitrokondria terletak pada bagian Matriks yaitu organel berupa ruang di dalam membran yang berisi cairan yang menyerupai gel dan didalamnya terdapat ribosom dan DNA.

Jelaskan dengan singkat Perbedaan antara DNA Mitokondria dan DNA Nukleus

DNA pada Nukleus berbentuk linier dan berasosiasi sangat erat dengan protein histon, sedangkan DNA pada Mitokondria dan kloroplas berbentuk sirkular dan tidak berasosiasi dengan protein histon.

DNA Mitokondria memang sudah ditemukan dari puluhan hingga ratusan ribu tahun yang lalu namun tetap saja tiap benua memiliki pandangan dan penemuan menurut masing-masing benua sendiri. Penjelasan diatas adalah rangkuman secara singkat menurut maribelajar.net. Semoga Bermanfaat!


Bantuin Share Yuk!