Echinodermata

Bantuin Share Yuk!

Echinodermata – Hewan laut yang termasuk hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuh dapat dibagi menjadi lima bagian tersusun mengelilingi sumbu pusat.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, reproduksi, cara hidup, sistem organ, struktur tubuh, dan peranan echinodermata. Simak Baik baik yaa!

Echinodermata

Echinodermata

Pengertian Echinodermata

Apa itu filum echinodermata ?

Echinodermata berasal dari bahasa Yunani yaitu Echinos yang berarti duri, derma yang berarti kulit, berarti hewan yang kulitnya berduri. Kelompok hewan ini meliputi Bintang Laut, Bintang Ular, Landak Laut, Lilia Laut, dan Mentimun Laut. Menurut Kastawi dkk. (2003: 267) Echinodermata merupakan hewan laut yang hidup di pantai, tetapi kebanyakan didasar laut.

Echinodermata adalah hewan laut yang termasuk hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuh dapat dibagi menjadi lima bagian tersusun mengelilingi sumbu pusat. Ada sebuh coelom besar bersifat enterocoelous bersilia membentuk ruangan perivisceral dan beberapa sistem berbelit-belit (Marshall, 1972: 125).

Echinodermata tidak mempunyai anggota yang bersifat parasitic. Echinodermata memiliki kemampuan besar untuk regenerasi. Penyebaran Echinodermata sangat luas dan filum ini terdiri atas 5.300 spesies dan sejumlah besar berupa fosil (Kastawi, dkk. 2005: 267).

Ciri-Ciri Echinodermata

  • Tubuh echinodermata terdiri atas 3 lapisan dan memiliki rongga tubuh atau disebut dengan tripoblastik
  • Mempunyai bentuk tubuh yang simetri bilateral pada saat masih larva, dan disaat dewasa bentuk tubuhnya simteri radial
  • Memiliki kulit tubuh yang terdiri atas zat kitin
  • Bergerak dengan ambulakral yakni kaki tabung dengan lubang-lubang kecil yag fungsinya untuk menghisap.
  • Memiliki sistem pencernaan sempurna kecuali bintang laut yang tidak mempunyai anus.
  • Tidak mempunyai sebuah sistem ekskresi
  • Perkembangbiakan secara seksual
  • Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan-tonjolan yang menyerupai duri
  • Memiliki sebuah sistem tabung jaringan hidrolik

Klasifikasi Echinodermata

1. Asteroidea (bintang laut)

Bentuk tubuh seperti bintang. Hidup pada habitat pesisir pantai. Memiliki lima lengan yang berduri pendek dan tumpul pada permukaan tubuhnya.

Alat gerak berupa kaki ambulakral. Tubuh dibedakan menjadi sisi oral atau sisi bawah (tempat mulut) dan sisi aboral atau sisi atas (tempat anus). Lapisan permukaan paling luar tersusun dari lapisan sel epidermal yang bersilia dan memiliki endoskeleton dibawahnya.

Contoh Asteroidea adalah Culcita (bintang laut berkulit), Linkia laevigata (bintang laut biru), Pentaceros (bintang laut bertanduk), Astrias vulgaris (bintang laut besar), dan Ctenodiscus (bintang laut lumpur).

2. Ophiuroidea

Sering disebut sebagai bintang ular karena memiliki lengan yang panjang dan pergerakannya seperti ular. Habitatnya berada pada perairan laut dalam dan dangkal, khususnya di balik batu karang atau terkubur dalam pasir.

Memiliki madreporit yang terletak pada bagian bawah (mulut) dan tidak memiliki anus, sehingga sisa makanan dikeluarkan melalui mulut. Contoh Ophiuroidea adalah Ophiothrix fragillis dan Ophiopholis aculeata

3. Crinoidea

Berbentuk menyerupai bunga lili (lili laut) dan memiliki lima buah lengan yang bercabang. Hidupnya menempel pada substrat dan membentuk koloni sehingga terlihat seperti taman laut.

Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, Crinoidea akan melepaskan diri dari substrat dan berpindah ke tempat lain. Tidak memiliki madreporit, mulut dan anus terletak pada bagian oral. Pada bagian aboral terdapat kaliks, yaitu lempengan kapur yang berbentuk seperti cangkir.

Contoh Crinoidea adalah Antedon sp. dan Holopus sp.

4. Echinoidea

Sering disebut sebagai landak laut. Hidup di pasir dan batu-batuan. Tidak memiliki lengan, berbentuk bundar, agak pipih, dan permukaan tubuh dikelilingi oleh banyak duri. Mulut dan 5 buah gigi berada pada bagian oral, sedangkan anus, lubang kelamin, dan berada pada bagian aboral.

Contoh Echinoidea adalah Diadema saxsatile (bulu babi) dan Echinothrix sp. (landak laut).

5. Holothuroidea

Sering disebut sebagai mentimun laut. Hidup di dalam pasir atau kapur. Memiliki tubuh lunak, duri yang halus, dan berbentuk seperti kantung yang memanjang. Mulut berada pada anterior, sedangkan anus berada pada posterior.

Contoh Holothuroidea adalah Holothuria scabra, dan Thyone byereus (mentimun laut).

Reproduksi Echinodermata

Echinodermata berkembang biak secara seksual, yakni hewan jantan dan betina yang melepaskan sel gametnya ke air laut, dan proses fertilisasi yang berlangsung secara eksternal (di dalam air laut).

Cara Hidup Echinodermata

Echinodermata merupakan hewan yang hidup secara bebas artinya habitat hewan ini bisa dimana saja, bisa di laut pantai sampai laut dalam. Makanan tergantung kepada jenisnya.

Contoh makanan yaitu plankton, atau organisme yang mati atau membusuk.

Sistem Organ Echinodermata

  • Sistem peredaran darah, Echinodermata mempunyai sebuah sistem peredaran darah yang masih belum. Bila digambarkan secara sederhana, pembuluh darah berawal dari yang mengelilingi mulut, Sesudah itu berjabang pada setiap kaki tabung.
  • Sistem pernapasan, Echinodermata dilakukan engan menggunakan insang atau pupula (tonjolan pada rongga tubuh).
  • Sistem persarafan, Echinodermata terdiri atas saraf yang berbentuk lingkaran (cincin) yang mempersarafi mulut, dan saraf radial yang mirip tali mempersarafi pada bagian lengan atau kaki tabung.
  • Sistem pencernaan, berupa mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Dapat dikatakan, sistem pencernaannya sudah sempurna. Tetapi tidak terdapat sistem ekskresi pada hewan Echinodermata.

Struktur Tubuh Echinodermata (Bintang Laut)

  • Madreporit : merupakan lubang tempat masuknya air dari luar tubuh letaknya di sisi aboral , ini berbeda dengan Ophiuroidea yang berada di sisi oral
  • Saluran batu : saluran penghubung antara madreporit dengan salurang cincin.
  • Saluran cincin : saluran yang melingkar yang bisa mengakses ke semua lengan
  • Saluran radial : saluran yang berasal dari saluran cincin meluas ke seluruh lengan , saluran ini dari saluran cincin berpencar ke tentakel masing masing
  • Saluran lateral : saluran yang berasal dari saluran radial yang mengalirkan air ke ampula
  • Ampula : suatu wadah menyerupai balon yang elastis , ketika terisi air akan membentuk tonjolan seperti kaki yang menyerupai tabung disebut kaki tabung
  • Kaki tabung : kaki yang terbentuk karena tekanan air di ampula sehingga kak bisa dipijakkan ke obyek sehingga bisa menggerakkan tubuhnya
  • Sistem ambulakral ini berfungsi untuk bergerak, bernafas atau membuka mangsa.

Cara gerak Bintang Laut

Pada hewan ini air laut masuk melalui lempeng dorsal yang berlubang-lubang kecil (madreporit) menuju ke pembuluh batu. Kemudian dilanjutkan ke saluran cincin yang mempunyai cabang ke lima tangannya atau disebut saluran radial selanjutnya ke saluran lateral.

Pada setiap cabang terdapat deretan kaki tabung dan berpasangan dengan semacam gelembung berotot atau disebut juga ampula.Dari saluran lateral, air masuk ke ampula.

Saluran ini berkahir di ampula. Jika ampula berkontraksi, maka air tertekan dan masuk ke dalam kaki tabung.

Akibatnya kaki tabung berubah menjulur panjang. Apabila hewan ini akan bergerak ke sebelah kanan, maka kaki tabung sebelah kanan akan memegang benda di bawahnya dan kaki lainnya akan bebas.

Selanjutnya ampula mengembang kembali dan air akan bergerak berlawanan dengan arah masuk.Kaki tabung sebelah kanan yang memegang objek tadi akan menyeret tubuh hewan ini ke arahnya. Begitulah cara hewan ini bergerak. Di samping itu hewan ini juga bergerak dalam air dengan menggunakan gerakan lengan-lengannya.

Peranan Echinodermata

Echinodermata banyak dimanfaatkan manusia dalam berbagai hal. Peran echinodermata yaitu sebagai berikut :

  • Peran Echinodermata yang menguntungkan: Echinodermata dimanfaatkan manusia, antara lain:
    1. Bulu babi dapat diambil gonadnya untuk dikonsumsi. Jepang memiliki peternakan bulu babi yang luas. Di wilayah Indonesia, terdapat di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kendari.
    2. Holothuria (mentimun laut) diperdagangkan sebagai teripang kering atau kerupuk teripang. Hongkong merupakan pusat perdagangan teripang dunia. Di negeri China, mentimun laut dikeringkan dan dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan.
    3. Echinodermata memakan bangkai-bangkai, sehingga pantai menjadi bersih
  • Peran Echinodermata yang merugikan: Sedangkan peranan merugikan, antara lain:
    1. Bintang laut sering memakan kerang mutiara di tempat budidaya kerang mutiara.
    2. Achanbasther merupakan hama pada terumbu karang, karena memakan polip Coelenterata.

Nah itulah penjelasan dari pengertian, ciri-ciri, klasifikasi, reproduksi, cara hidup, sistem organ, struktur tubuh, dan peranan echinodermata. Semoga Membantu!


Bantuin Share Yuk!