Fungsi Jaringan Gabus

1 min read

Fungsi Jaringan Gabus
Bantuin Share Yuk!

Jaringan gabus merupakan salah satu dari bagian jaringan meristematik yang ada pada tubuh tumbuhan. Jaringan ini tersusun atas sel-sel parenkim korteks pada bagian luar batang suatu tumbuhan. Anda perlu tahu bahwa terdapat beberapa fungsi jaringan gabus yang menjadikannya sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Adapun fungsi jaringan tersebut di antaranya sebagai berikut.

Fungsi Jaringan Gabus
Fungsi Jaringan Gabus

Fungsi Jaringan Gabus

1. Pencegah penguapan

Fungsi jaringan gabus pada lentisel adalah untuk mencegah terjadinya penguapan. Dalam hal ini zat suberin berperan penting pada penebalan jaringan gabus agar jaringan tersebut mampu menjalankan fungsinya sebagai pencegah penguapan dengan baik.

Karakter zat suberin (juga disebut sebagai zat lilin) adalah tidak gampang ditembus oleh air. Hal ini menyebabkan air yang masuk ke dalam tubuh tumbuhan akan terperangkap. Air yang terperangkap tersebut memberikan keuntungan bagi tumbuhan untuk senantiasa bertahan hidup pada suatu daerah yang begitu kering maupun daerah yang sedang menghadapi musim panas.

Apabila suatu tumbuhan kerap kehilangan air yang berlangsung terus menerus melalui proses penguapan, maka tumbuhan tersebut akan mengalami kekeringan. Belum lagi jika tumbuhan tersebut terus terpapar sinar matahari. Hal ini akan mempercepat proses kekeringan dan yang fatal akan menyebabkan kematian pada tumbuhan.

Baca Juga :
Bagian-Bagian Akar Tunggang

2. Pelindung kerusakan mekanis maupun infeksi patogen

Lapisan epidermis adalah lapisan pelindung pada tubuh tumbuhan yang senantiasa mengelupas. Namun, bukan berarti setelah lapisan tersebut mengelupas maka tubuh tumbuhan tidak memiliki pelindung lagi. Khususnya bagi tumbuhan monokotil yang tidak perlu risau lagi karena ada jaringan gabus yang senantiasa akan menggantikan peran dan tugas lapisan epidermis.

Fungsi jaringan gabus pada batang monokotil adalah sebagai pelindung kerusakan mekanis. Selain itu, jaringan gabus tersebut juga mampu melindungi batang tumbuhan dari infeksi patogen yang senantiasa mengancam.

Baca Juga :
DNA Mitokondria

3. Pelindung seluruh jaringan di bawahnya

Fungsi jaringan gabus pada batang dikotil berikutnya adalah untuk menjaga maupun melindungi seluruh jaringan yang berada di bawahnya, terutama dari risiko kehilangan unsur hara maupun air. Jaringan yang dapat Anda jumpai pada tumbuhan dikotil atau berkeping dua ini tebentuk dari kambium gabus maupun felogen (terletak di bagian bawah epidermis). Jaringan inilah yang berfungsi sebagai penghasil felem.

Berdasarkan arah pembentukannya, jaringan gabus terbagi menjadi dua macam. Jaringan gabus yang berasal dari kambium gabus akan menuju ke arah luar serta mempunyai sel-sel yang mati yakni felem. Kemudian, jaringan gabus yang terbentuk dari kambium gabus ke arah dalam serta memiliki sel-sel hidup menyerupai parenkim disebut sebagai feloderm.

Baca Juga :
Fungsi Jaringan Meristem Primer

4. Pelindung tumbuhan dari suhu ekstrim

Fungsi jaringan gabus lainnya ialah sebagai pelindung tubuh tumbuhan dari adanya suhu ekstrim. Hal ini karena suhu ekstrim baik suhu panas maupun dingin dapat merusak tanaman. Contohnya adalah petani kopi yang terancam gagal panen karena adanya suhu dingin yang ekstrim di wilayah Pengalengan, Bandung.

Bukan hanya tanaman kopi saja, akan tetapi petani sayuran juga mendapati banyak tanamannya mati tersengat suhu panas yang ekstrim di daerah Bandung. Demi menghindari ancaman suhu ekstrim tersebut, jaringan gabus harus senantiasa kokoh dan kuat dalam mempertahankan sel-selnya. Dengan demikian, maka jaringan gabus tersebut akan mampu melindungan semua jaringan yang ada di bawahnya.

Baca Juga :
Bagian-Bagian Akar Dikotil

Perlu Anda tahu bahwa jaringan gabus tersusun atas banyak sel yang rapat. Hal ini mengingat bahwa fungsi jaringan gabus adalah sebagai jaringan pelindung bagi jaringan lain yang berada di bawahnya. Maka dari itu, tidak heran jika jaringan gabus berperan penting bagi kelangsungan hidup suatu tumbuhan.


Bantuin Share Yuk!

Bagian Bagian Akar

Febby Setiandini
4 min read

Jaringan Gabus

Febby Setiandini
2 min read

Jaringan Meristem

Febby Setiandini
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *