Fungsi Tulang Hasta

Bantuin Share Yuk!

Tulang hasta memang memiliki peranan yang cukup penting, terutama untuk pergerakan tangan manusia. Memang anatomi tubuh merupakan salah satu hal yang sudah banyak di pelajari sewaktu bangku sekolah, namun tidak sedikit yang masih belum mengenal fungsi tulang terutama fungsi tulang hasta. Lalu fungsi tulang hasta adalah?

Fungsi Tulang Hasta
Fungsi Tulang Hasta

Diantara banyaknya anatomi yang dimiliki oleh tubuh, sistem kerangka yang dimiliki oleh manusia cukup memiliki peranan yang sangat penting. Bahkan sistem kerangka merupakan salah satu hal, yang wajib untuk diketahui oleh semua orang begitu juga dengan tulang hasta. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai pentingnya tulang hasta untuk manusia.

Apakah fungsi tulang hasta yang sering kita lakukan ?

Tanpa kita sadari saat melakukan aktivitas sering menggerakan dengan tangan

Apa nama lain dari tulang hasta ?

Nama lain tulang hasta yaitu Ulna

Gangguan apa yang bisa terjadi pada tulang hasta ?

1. Karena panjang dan tipis maka mudah patah
2. Jika tulang pecah, maka pengumpil dan hasta membenduk sendi atau hasta membentuk sendi dengan tulang karpal tangan.

Fungsi Tulang Hasta pada Manusia

Tulang hasta memiliki nama lain, yaitu Ulna. Ulna atau tulang hasta ini merupakan salah satu tulang yang dimiliki oleh manusia, dan terletak di bagian medial lengan bawah. Tulang ini juga berlokasi sejajar dengan tulang pengumpil. Fungsi tulang hasta yaitu memang cukup penting, pasalnya sangat mendukung berbagai kegiatan manusia yang menggunakan tangan bahkan secara keseluruhan.

Fungsi tulang hasta, memang semakin lama semakin memiliki perkembangan karena seiring dengan pertumbuhan usia seseorang. Bahkan bukan hanya untuk manusia saja, namun fungsi tulang hasta dan tulang lainnya juga dimiliki oleh hewan yang memiliki kaki empat seperti kuda, kucing, anjing dan hewan lainnya. Jika memang tulang hasta rusak, maka akan memengaruhi sendi tangan lainnya.

Fungsi dari tulang hasta, merupakan tulang yang memberikan struktur untuk lengan bawah. Fungsi tulang hasta kelas 5, adalah untuk membantu rotasi yang dimilikioleh tangan. Tentunya rotasi ini akan sangat berguna, untuk memaksimalkan segala pergerakan oleh tangan. Maka dari itu fungsi tulang hasta brainly, merupakan salah satu sumber untuk anda menemukan berbagai arti fungsi tulang hasta.

Penting untuk bisa mengetahui fungsi tulang hasta dan lain-lain, pasalnya banyak gangguan yang bisa terjadi karena hal ini. Salah satu gangguan yang mungkin terjadi adalah tulang hasta yang patah, dikarenakan trauma. Hal ini akan memberikan rasa nyeri yang hebat, bahkan bisa membuat anda kesulitan menggerakan sendi yang ada.

Fungsi Tulang Hasta yang Singkat

1. Memudahkan Pergelangan Tangan

Fungsi tulang hasta dan tulang atas, memang memiliki kaitan yang cukup erat. Bahkan dalam hal ini sangat membantu untuk perputaran atau rotasi yang dilakukan pergelangan tangan. Pasalnya jika tulang atas dan tulang hasta tidak bekerja dengan baik, maka hal ini juga akan memberikan pengaruh terhadap tulang pengumpil dan tulang karpal.

Fungsi dari tulang hasta yang satu ini, bisa membantu anda untuk menulis, memutar gagang dari pintu, mengangkat sebuah benda dan lainnya.

2. Membentuk dan Membantu Sendi di Siku

Bukan hanya pada tulang atas saja, melainkanm fungsi tulang hasta dan tempurung lutut sangatlah penting untuk diketahui. Tulang hasta membantu untuk sendi siku bisa bergerak lebih mudah dan bebas. Bahkan jika anda meregangkan tangan atau menekuk lengan, hal ini merupakan kerjasama keduanya.

Dengan adanya kerjasama keduanya, membuat fungsi tulang hasta dan juga pengumpil ikut dalam membantu lengan bagian bawah agar bisa bergerak bebas dan membuat anda semakin leluasa beraktivitas.

Fungsi tulang hasta memang banyak, ini juga dikarenakan kegunaannya yang bisa bekerjasama dengan tulang lainnya dalam membantu anda bergerak bebas dalam beraktivitas. Pastikan juga anda menghindari gangguan-gangguan, yang biasa terjadi pada tulang hasta salah satunya adalah tulang hasta yang pecah. Pastikan juga bahwa semua sendi dan tulang anda, tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan komentar