Fungsi Tulang Jari Kaki

Bantuin Share Yuk!

Anggota tubuh tentunya memiliki beragam jenis tulang, dan memiliki fungsi atau kegunaannya masing-masing dan berbeda antara tulang yang satu dengan tulang lainnya. Diantara banyaknya tulang yang dimiliki oleh manusia, tulang jari kaki memiliki peranan yang penting. Fungsi tulang jari kaki tentunya bermacam-macam dan memberikan kegunaan tersendiri untuk pergerakan manusia.

Fungsi Tulang Jari Kaki
Fungsi Tulang Jari Kaki

Bukan hanya tulang saja, melainkan tulang otot, saraf yang dimiliki oleh jari kaki memberikan peranan untuk menyangga tubuh saat anda berdiri maupun bergerak. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk membuat tubuh semakin lentur dan juga memanjang terutama saat berjalan. Berikut ini adalah informasi lebih lanjut mengenai fungsi dan bagaimana anatomi yang dimiliki oleh tulang jari kaki.

Apa yang dimaksud dengan tulang jari kaki?

Tulang jari kaki adalah sejumlah jari yang berada di kaki.

Apakah fungsi utama adanya tulang jari kaki?

Fungsi utamanya yaitu untuk membantu tubuh saat berjalan, berdiri atau berlari, supaya tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh.

Berapa ruas tulang jari kaki?

Terdapat 5 tulang jari kaki. Setiap jari kaki terdapat 3 tulang kecil kecuali pada jempol hanya memiliki 2 tulang.

Kenapa tulang jari kaki sakit?

1. Terlalu lama berdiri memakai sepatu hak tinggi
2. Sepatu yang kekecilan
3. Keseleo atau cedera
4. Bunion (Pembesaran tulang)
5. Kapalan
6. Hammertoe (Otot yang ditak seimbang)
7. Kuku tumbuh ke dalam (Cantengan)
8. Morton’s Neuroma (Penebalan jaringan saraf)
9. Rematik
10. Metatarsalgia (radang)

Dimana letak tulang jari kaki?

Terletak di ujung telapak kaki

Sebutkan tulang falang pada masing-masing jari kaki!

Terdapat 3 tulang falang pada jari kaki yaitu :
1. Proximal
2. Middle
3. Distal

Persendian apa yang menghubungkan antara jari kaki dengan kaki lainnya ?

Sendi yang menghubungkan tumit dengan jari kaki adalah plantar fascia
sendi yang menghubungkan jari kaki dengan kaki yaitu sendi engsel

Fungsi Tulang Jari Kaki Adalah

1. Sebagai tumpuan

Fungsi tulang jari kaki yang pertama adalah dijadikan sebagai tumpuan. Saat anda melakukan gerakan berjinjit, berolahraga atau melakukan kegiatan panjat tebing yang memiliki ketinggian yang maksimal, hal ini akan dibantu menggunakan tulang jari kaki sebagai tumpuan yang paling utama.

2. Memberi bentuk tubuh

Siapa yang sangka, jika fungsi tulang jari kaki salah satunya adalah membentuk tubuh agar terlihat indah. Tulang jari kaki memang memiliki fungsi utama sebagai rangka, dimana ikut dalam membantu membentuk jari pada jari kaki anda. Dengan memiliki tulang jari kaki, maka jari kaki anda akan terbentuk dan membuat struktur tubuh anda semakin indah.

3. Sebagai tempat menempelnya otot

Bukan hanya membentuk tubuh saja, namun fungsi tulang jari kaki lainnya adalah sebagai tempat menempel atau melekatnya otot. Seperti yang anda ketahui, bahwa otot memiliki peran penting untuk tubuh. Secara umum, fungsi yang dimiliki rangka adalah menjadi alat gerak yang pasif, seperti yang menjadi fungsi untuk melekatnya otot yang ada pada tulang.

4. Menahan anggota tubuh

Untuk semua perempuan saat menggunakan sepatu, terutama sepatu dengan hak yang cukup tinggi pastinya akan merasa nyaman bukan? Hal ini dikarenakan saat anda berdiri atau bahkan berjalan dengan menggunakan sepatu hak tinggi, tulang jari kaki akan memberikan fungsi atau kegunaannya yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan yang dimiliki oleh tubuh.

Bahkan keseimbangan yang diberikan bukan hanya untuk kaki saja, melainkan untuk seluruh tubuh anda agar tetap merasa nyaman saat beraktivitas menggunakan sepatu hak tinggi. Fungsi tulang jari kaki adalah menahan anggota tubuh.

Anatomi Tulang Jari Kaki

Selain mengetahui fungsi dari tulang jari kaki, anda juga penting untuk bisa mengetahui anatomi tulang jari kaki. Untuk membuatnya semakin nyaman, nantinya tulang jari kaki anda juga akan semakin melentur, dan hal ini yang akan membuat anda semakin mudah untuk berdiri, berjalan atau bahkan berlari. Tulang jari kaki, juga harus ikut menyesuaikan diri bagaimana menjaga agar tubuh tetap dalam keadaan seimbang.

Perlu anda ketahui, bahwa setiap tubuh pastinya tulang jari kaki atau yang memiliki nama lain tulang falang. Setiap kaki tentunya memiliki falang sejumlah 14 falang, namun untuk setiap jari kakinya memiliki jumlah tiga falang yaitu distal, middle dan juga proximal. Hal ini kecuali jempol dan juga hallux. Namun beberapa bagian hanya memiliki dia falang yaitu proximal dan juga distal.

Dalam hal semua jari kaki tentunya kaan terhubung secara langsung, dengan kaki lainnya menggunakan sendi yang berada di bagian tulang metatarsal.

Sangat penting untuk anda mengetahui fungsi tulang jari kaki, anatomi dan beberapa bagiannya.  Dengan mengetahui hal ini akan membuat anda semakin mengetahui, bahwa dengan bentuk jari kaki yang sederhana terdapat banyak tulang yang memiliki fungsi yang beragam. Hal ini tentunya sangat membantu manusia terutama kaki dalam beraktivitas.


Bantuin Share Yuk!
Baca Juga :  Fungsi Tulang Pengumpil

Tinggalkan Balasan