Fungsi Tulang Pengumpil

Bantuin Share Yuk!

Salah satu kegiatan yang memang dilakukan sehari-hari, adalah pergerakan. Diantara semua alat gerak yang dimiliki oleh manusia, tangan dan juga kaki merupakan alat gerak yang memang memiliki peran yang penting. Salah satu tulang yang juga sangat penting dalam mendukung semua gerak, yang diinginkan oleh manusia adalah tulang pengumpil. Apa fungsi tulang pengumpil?

Tulang pengumpil merupakan tulang, yang berbentuk tulang batang dan memiliki dua ujung yang mana ukurannya jika dibandingkan dengan tulang ulna berukuran lebih pendek. Tulang ini juga dapat anda temukan, di bagian sisi lateral di lengan bawah. Nama lain atau nama ilmiah yang dimiliki oleh tulang pengumpil adalah radius. Berikut ini adalah berbagai informasi mengenai fungsi yang dimiliki radius.

Apa fungsinya tulang pengumpil?

Fungsi tulang pengumpil adalah untuk membantu fungsi rotasi pada tangan.

Termasuk jenis tulang apakah tulang pengumpil?

Tulang dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1. Tulang pipa (Tulang Hasta dan Tulang Tibia)
2. Tulang pipih (Tulang rusuk dan Tulang dada)
3. Tulang pendek (Tulang telapak tangan dan pergelangan tangan)
4. Tulang tak beraturan (Tulang rahang dan ruas tulang belakang).

Berapa jumlah tulang pengumpil?

Terdapat 2 tulang pengumpil

Dimana letak tulang pengumpil?

Tulang pengumpil terletak di lengan bawah sejajar ke atas dengan ibu jari.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Kering
Fungsi Tulang Pengumpil
Fungsi Tulang Pengumpil

Fungsi Tulang Pengumpil Pergelangan Tangan

1. Tempat melekatnya otot

Fungsi tulang pengumpil pertama adalah, dimana dijadikan sebagai tempat untuk melekatnya otot. Otot ini juga ikut membantu, memberikan kekuatan untuk pengumpil dan juga pergelangan tangan dalam bergerak atau menggenggam benda yang diinginkan.

2. Sejajar dengan tulang hasta

Untuk bisa menemukan letak tulang pengumpil, lokasinya berdekatan dan sejajar dengan tulang hasta. Untuk anda yang kesulitan menemukan dimana lokasi tulang pengumpil, tidak akan sulit untuk menemukannya karena sejajar dengan tulang hasta.

3. Menguatkan lengan bagian bawah

Fungsi tulang pengumpil lainnya yang juga tidak kalah penting adalah memberikan kekuatan, untuk lengan bawah. Tulang pengumpil membantu untuk memberikan kekuatan lengan bawah, agar dapat menopang beban yang dimiliki terutama saat bergerak.

4. Mengatur segala gerak yang dilakukan tangan bawah

Bukan hanya membantu memberikan kekuatan untuk lengan bawah saja, namun tulang pengumpil memiliki peran atau kegunaan agar membantu semua pergerakan yang dilakukan oleh lengan pada tangan bagian bawah. Hal ini akan membantunya bergerak lebih mudah dan juga bebas.

5. Mengatur semua pergerakkan siku

Fungsi tulang pengumpil adalah untuk bisa mengatur, semua pergerakan yang akan dilakukan oleh siku. Pergerakan ini juga membantu untuk seseorang bisa nyaman dalam berferak, megangkat benda atau menopang hal apapun yang diigninkan.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Betis

Anatomi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil atau yang biasa disebut dengan radius ini, merupakan tulang yang juga memiliki sum sum tulang. Fungsi tulang pengumpil pergelangan tangan ini, memiliki fungsi yang hampir sama dengan tulang hasta. tulang pengumpil ini juga memiliki bentuk tulang seperti pipal, sehingga sering disebut dengan tulang pipa. Untuk bagian ujungnya, memang lebih besar jika dibandingkan dengan rongga.

Untuk bagian ujung yang dimiliki oleh tulang pengumpil, bagian ujungnya menepel pada ototo yang mana memiliki fungsi untuk membantu pergerakan yang dimiliki oleh lengan bawah. Tulang pengumpil memiliki beberapa bagian, dimana fungsi tulang pengumpil sangat beragam. Tulang yang satu ini merupakan tulang, yang memiliki jaringan ikat dan juga terdiri atas sel, matriks dan juga serat.

Pada bagian matriks, memang bagian ini merupakan bagian yang cukup keras dan terletak di bagian atau lapisan paling luar di tulang. Matriks ini terbentuk, diakibatkan karena pembentukan atau mengendapnya mineral yang ada di dalam tulang. Mineral ini juga mengalami klasifikasi, yang pada akhirnya akan membentuk matriks.

Cara kerja yang dimiliki oleh tulang pengumpil ini sebenarnya cukup sederhana. Dengan fungsi yang dimiliki tulang pengumpil yang beragam, namun untuk cara bekerjanya secara khusus hanya untuk menghantarkan rangsangan atau yang biasa disebut dengan potensial aksi. Nantinya potensial aksi ini akan menuju sel saraf motorik dan nantinya akan mengeluarkan unsur kimia atau yang disebut dengan asetilkolin.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Jaringan Meristem

Fungsi tulang pengumpil sangat beragam, namun melihat cara kerjanya yang sederhana tentunya semakin menakjubkan dengan adanya tulang pengumpil ini. Pastikan bahwa anda selalu memberikan nutrisi yang cukup untuk tulang, sehingga tulang dapat memberikan kinerja yang maksimal.


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan