Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Bantuin Share Yuk!

Apakah anda tahu berapa banyak tulang yang dimiliki oleh manusia? Sebanyak 206 tulang dimiliki oleh manusia, dan membentuk kerangka tubuh manusia. Kerangka tubuh manusia, juga memiliki banyak fungsi dan juga bentuknya seperti salah satunya yaitu fungsi tulang pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan, juga memiliki fungsi yang sangat berguna untuk pergerakan tangan.

Fungsi Pergelangan Tangan
Fungsi Pergelangan Tangan
Apa saja fungsi tulang pergelangan tangan? / Apakah fungsi tulang pergelangan tangan?

1. Sebagai alat gerak tangan
2. Tempat menempelnya otot tangan
3. Penghubung tulang jari dan tulang pangkal lengan

Baca Juga :  Fungsi Tulang Paha

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Brainly

Tulang pergelangan tangan, merupakan salah satu jenis tulang yang termasuk ke dalam bentuk tulang yang pendek atau sering disebut dengan carpal. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, tulang pergelangan tangan juga memiliki bentuk yang pendek. Menurut Brainly sendiri, fungsi tulang pergelangan  tangan juga sama dengan fungsi yang dimiliki tulang pendek lainnya.

Tulang pendek lainnya seperti tulang yang ada pada pergelangan kaki, dan juga ruas-ruang di tulang belakang. Untuk tulang pergelangan tangan ini, juga sudah tersusun dengan beberapa tulang pendek yang berjumlah delapan. Tulang ini juga merupakan tulang, yang teksturnya cukup keras. Walaupun bentuk yang dimilikinya pendek, namun tulang pergelangan tangan ini juga cukup keras.

Asal mula terbentuknya tulang pergelangan tangan ini, memang terbentuk akibat isinya yaitu pembuluh darah. Maka dari itu fungsi tulang pergelangan tangan cukup penting, terutama untuk pergerakan tangan. Walaupun memiliki susunan yang banyak, namun tulang pergelangan tangan ini cukup rawan. Tidak heran jika sejak dini harus diajarkan fungsi tulang pergelangan tangan untuk kelas 5 SD salah satunya.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Jaringan Epidermis

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Telapak Tangan

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Telapak Tangan
Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Telapak Tangan

1. Sebagai alat gerak yang dimiliki tangan

Fungsi pergelangan tangan pertama yang harus anda ketahui, adalah dijadikan sebagai alat pergerakan yang dimiliki tangan. Pergerakan ini juga dibantu menggunakan otot-otot. Tulang ini merupakan tulang, yang juga memiliki sendi kaku. Maka dari itu beberapa pergerakan anda terkadang terbatas, akibat adanya sendi kaku ini.

Sendi pelana juga terdapada pada tulang pergelangan tangan ini, dimana membantu untuk ikut menghubungkan antara pergelangan tangan dan juga telapak tangan semua orang. Pergerakan yang dilakukan juga selalu bergerak kea rah vertikal, dimana juga membentul fleksi ekstensi yang berarti pergerakan tangan kebawah. untuk ekstensi yaitu belakang pergelangan.

2. Tempat menempelnya otot tangan

Otot merupakan salah satu bagian, yang memiliki peranan penting untuk geraknya tangan. fungsi tulang pergelangan tangan adalah ikut membantunya menempelnya otot yang anda miliki. Dengan adanya otot, maka akan memberikan kemudahan dalam melakukan pergerakan tangan yang diinginkan secara bebas.

Maka dari itu sangat penting untuk bisa menjaga fungsi dari pergelangan tangan anda. Dengan menempelnya otot, akan membantu pergerekan tangan.

3. Menghubungkan tulang jari dengan pangkal lengan

Fungsi tulang pergelangan tangan lainnya, adalah untuk menghubungkan antara jari dengan bagian ujung bawah tulang pada lengan. Perlu anda ketahui bahwa susunan dari pergelangan tangan juga terdiri dari berbagai tulang pendek. Tulang ini memiliki bentuk yang bulat dan membentuk carpal.

Tulang ini juga yang nantinya akan membantu, untuk menghubungkan antara tulang yang dimiliki jari dengan tulang pangkal pada lengan. Fungsi inilah yang juga penting untuk anda ketahui, pasalnya tulang pergelangan tangan bukan hanya membantu  untuk menggerakan, namun juga dijadikan sebagai penghubung antara tulang lainnya yang berada di tangan.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Atas

Beragam fungsi tulang pergelangan tangan, yang dapat anda ketahui. Tulang bagian pergelangan tangan ini, merupakan salah satu dari banyaknya tulang yang sangat berperan penting terutama untuk menggerakan tangan dan pergelangan anda. Bahkan selain itu, menjadi tempat untuk bekerjasama antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
pengertian bangsa adalah suatu kelompok manusia atau masyarakat yang mempunyai kesamaan keturunan, budaya, sejarah, bahasa, dan wilayah tertentu yang dianggap nasional serta memiliki kehendak untuk bersatu.
Ciri – Ciri Echinodermata : 1. Mempunyai sistem tabung jaringan hidrolik, 2. Tidak memiliki sistem eksresi. 3. Perkembangbiakan secaraseksual. 4. Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan – tonjolan yang menyerupai…


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan