Fungsi Tulang Telapak Tangan

1 min read

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Perlu Anda ketahui, bahwa tangan memiliki beberapa jari-jari, pergelangan tangan dan juga telapak tangan. Diantara beberapa bagian yang dimiliki oleh tangan, telapak tangan merupakan salah satu bagian yang dimiliki tubuh dan fungsinya cukup penting. Fungsi tulang telapak tangan sangatlah penting, terutama untuk Anda yang ingin memegang atau membawa sebuah benda yang dibutuhkan.

Walaupun bentuknya memang sederhana, namun telapak tangan sendiri memiliki tulang yang rangkaiannya cukup banyak. Letak tulang telapak tangan berada di bagian pangkal pada bagian jari-jari tangan. Lalu apa fungsi lain yang dimiliki oleh tulang telapak tangan? berikut ini adalah penjelasan se lengkapnya.

Anatomi Tulang Telapak Tangan

Untuk bisa menemukan lokasi yang dimiliki oleh tulang telapak tangan, dalam hal ini Anda dapat memegang telapak tangan. tulang ini menyusun sepenuhnya telapak tangan yang dimiliki oleh semua orang. Perlu Anda ketahui bahwa banyak kekeliruan yang sering terjadi, bahwa banyak yang mengira bahwa tulang telapak tangan dan tulang pergelangan tangan adalah hal yang sama.

Keduanya adalah jenis tulang yang berbeda, dimana untuk tulang pergelangan tangan sendiri merupakan tulang bertemunya antara tulang telapak tangan dengan tulang lengan bawah. Salah satu tulang lengan bawah adalah hasta dan juga pengumpil. Hal ini juga yang membuat fungsi tulang telapak tangan tentunya berbeda dengan tulang pergelangan tangan.

Untuk tulang telapak tangan, merupakan tulang yang memang menyusun telapak tangan dan dapat ditemukan di bagian ujung distal pada tulang pengumpil dan juga tulang hasta. Selain itu Anda juga bisa menemukannya di bagian tulang jari-jari. Membicarakan tulang telapak tangan, nama lain atau nama ilmiah yang dimilikinya adalah Metacarpal.

Metacarpal merupakan tulang yang memiliki jumlah 5 tulang. Tulang ini juga terbagi dua, menjadi tukang keras dan juga tulang lunak. Dimana tentunya fungsi tulang telapak tangan kedua ini berbeda-beda, dengan otot yang juga berbeda.

[irp]

Fungsi Tulang Telapak Tangan

1. Menjadi bantuan alat gerak

Fungsi tulang telapak tangan adalah, dijadikan sebagai salah satu alat gerak yang paling utama bersamaan dengan tulang anggota gerak bagian atas lainnya. fungsi yang satu ini juga ikut dalam memberikan dukungan, untuk memudahkan segala pergerakan yang ingin dilakukan oleh manusia.

2. Memberikan bentuk untuk telapak tangan

Fungsi lainnya yang juga dimiliki oleh tulang telapak tangan, adalah untuk memberikan bentuk terhadap telapak tangan. Sama seperti tulang yang lainnya, tulang telapak tangan ini juga dikelilingi dengan otot yang mana dapat membentuk telapak tangan. Tulang telapak tangan ini ikut dalam membentuk pergerakan manusia.

3. Menghubungkan tulang jari dengan tulang pergelangan tangan

Bukan hanya menjadi alat gerak untuk manusia saja, namun tulang telapak tangan ini dijadikan sebagai alat hubung antara tulang jari yang biasa disebut dengan phalanges dan juga tulang pergelangan tangan atau yang biasa disebut dengan carpal.

4. Membuat bentuk buku jari

Fungsi tulang telapak tangan adalah tidak kalah penting yaitu dapat membentuk buku-buku jari. Buku-buku jari ini memang lebih dikenal sebagai kunuckles. Buku jari ini nantinya akan terbentuk, saat Anda mulai mengepalkan telapak tangan dan akan membentuk tonjolan bersama dengan jari yang lainnya.

5. Tempat melekatnya otot

Fungsi tulang telapak tangan selain diatas yaitu sebagai tempat melekatnya suatu otot seperti otot yang menempel pada tulang telapak tangan adalah otot lumbricals.

[irp]

Tulang telapak tangan memang memiliki banyak fungsi, tidak heran jika fungsi tulang telapak tangan merupakan hal yang harus Anda ketahui dan dijaga agar memudahkan dalam pergerakan pergelangan tangan Anda. Pastikan bahwa seluruh tulang Anda selalu sehat dengan memberikannya nutrisi yang cukup. Bukan hanya untuk tubuh saja, melainkan juga untuk kesehatan tulang, sendi dan juga otot Anda.

Bagian Bagian Akar

Febby Setiandini
4 min read

Jaringan Gabus

Febby Setiandini
2 min read

Jaringan Meristem

Febby Setiandini
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *