Fungsi Tulang Tempurung Lutut

Bantuin Share Yuk!

Kerangka manusia memiliki dua jenis tulang, salah satu berbentuk tempurung lutut. Yang dimaksud dengan tempurung lutut adalah bagian tulang yang vital terutama bagi daerah lutut yang berbentuk hampir menyerupai segitiga. Lantas, apa saja fungsi tulang tempurung lutut bagi manusia?

Tempurung lutut juga dikenal dengan sebutan patella, tulang yang secara normal terletak di antara tulang fibia dan femur di tulang paha. Masih menjadi tulang rawan pada bayi, tetapi secara perlahan dapat berkembang sesuai dengan umur dan perkembangan bayi tersebut.

Fungsi Tulang Tempurung Lutut
Fungsi Tulang Tempurung Lutut
Apa itu tulang tempurung lutut?

Tulang Tempurung adalah tulang yang berbentuk segitiga dan tebal yang akan bersendi dengan tulang paha (femur).

Apa yang dimaksud dengan tulang tempurung lutut?

Tulang yang terletak berada di kaki ini merupakan salah satu tulang yang berfungsi sebagai anggota gerak manusia bagian bawah.

Tulang yang membentuk persendian di paha ini tidak dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri serta ke arah lainnya.

Apa fungsi tulang tempurung lutut?

Tulang Tempurung Berfungsi untuk membungkus dan melindungi sendi lutut.

Bagaimana sistem persendiannya dan ototnya?

Tulang tempurung memiliki otot yang melekat pada tulang ini yaitu :

Quadriceps Femoris adalah otot yang menempel pada tulang tempurung. Memiliki struktur yang cukup besar dan tebal. Bentuk otot ini yang sedikit cembung dan terdapat 4 otot lagi didalamnya. Otot ini memanjang dari paha hingga lutut.

Bagaimana cidera yang terjadi pada tulang tempurung lutut?

Berpotensi cidera tinggi.

Jika terjatuh dan lutut terluka lecet hingga memar akan membayakan dan paling parah dapat menyebabkan operasi.

Pergerseran tulang tempurung sering terjadi oleh orang – orang yang menyukai olahraga. Jika terjadi pergeseran akan merasakan nyeri dan sulit untuk di gerakan.

Dimana letak tulang tempurung?

Berada tepat dibawah tulang tempurung lutut sebagai penghubung tulang paha dan tulang kering.

Jenis apakah tulang tempurung lutut?

Patella

Berapa jumlah tulang tempurung lutut?

2 Tulang tempurung lutut, terdapat pada kaki kanan dan kaki kiri.

Letak Tulang Tempurung
Gambar Letak Tulang Tempurung

Bagian dan Manfaat Tulang Tempurung Lutut

Fungsi Tulang Tempurung Lutut

1. Fungsi Tulang Tempurung Lutut

Fungsi tulang ini adalah sebagai perpanjang dari lutut, ketika ditekuk dan diluruskan sehingga mampu meningkatkan kemampuan tendon pada bagian paha dan sekitar lutut untuk meregang jika sudut tekukan lutut lebih ditekan. Terdapat serat-serat di dalam tempurung lutut yang disebut dengan nama retinaluka patella untuk penytabil.

  1. Bagian organ tubuh yang menjadi pertemuan antara tulang kaki bagian atas dan bagian bawah, hal ini memungkinkan Anda bergerak dengan leluasa karena dibantu sendi serta bantalan ligamen berlapis.
  2. Befungsi sebagai perpanjangan lutut terutama ketika lutut ditekuk dan diluruskan dalam keadaan tertentu.
  3. Berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tendon yang berada di bagian paha dan lutut bisa meregang jika ditekan dalam sudut tekukan tertentu.

2. Sistem Persendian Tulang Lutut

Tulang tempurung lutut masuk dalam kelompok tulang sesamoid atau juga tulang yang melekat di dalam tendon, menjadi tulang sesamoid terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Namun, tulang jenis ini tidak hanya dijupai pada patella tetapi juga pada pergelangan tangan dan tulang distal.

Tempurung lutut bisa meluncur ke arah atas atau bawah di bagian lutut, yakni diantara patellafemoral di depan tulang paha. Keadaan ini terjadi ketika Anda menekuk lutut, disaat yang bersamaan menekuk lutut Anda akan merasakan gerakan tempurung lutut kaki Anda.

3. Cidera pada Tulang Tempurung Lutut

Lutut dapat dianggap sebagai bagian yang rentan mengalami cedera, terlebih jika ligamen lutut terputus, bisa juga mengalami gesekan terlalu keras. Misalnya karena latihan olahraga keras, hingga kecelakaan yang menyebabkan seseorang tersebut terjatuh.

Cidera Tulang Tempurung
Gambar Cidera Tulang Tempurung

Tulang tempurung lutut akan membungkus lutut guna memberikan perlindungan pada bagian persendian lutut. Seseorang masih dapat berjalan meski tanpa memiliki tempurung lutut, Fungsi tulang tempurung lutut adalah akan tampak jika seseorang tersebut ingin menekuk atau meluruskan kakinya itulah.

4. Letak Tulang Tempurung Lutut

Di tulang tempurung lutut, terdapat otot quadriceps femoris bentuknya relatif besar, tebal dan cembung. Terdiri dari empat otot, yakni m.rectus femoris, m.vastus lateralis, m.vastus medialis dan m.vastus intermedius. Dapat disebut sebagai bagian otot paha yang memanjang hingga ke lutut.

Letak Tulang Tempurung Lutut
Gambar Letak Tulang Tempurung Lutut

Secara anatomis, tulang tempurung lutut terletak di bagian kaki dan termasuk ke dalam anggota gerak bawah manusia. Termasuk dalam jenis tulan sesamoid, letaknya di sekitar otot atau persendian.

Fungsi tulang tempurung lutut ditampu dengan bentuknya yang memiliki struktur tebal berbentuk segitiga dengan diameter 5cm, membentuk persendian dengan tulang paha. Permukaan depan tulang lutut atau juga disebut anterior memiliki struktur kasar dan pada permukaan dorsal memiliki permukaan sendi yang lebih besar.

Tulang tempurung lutut berada di dalam tendon m. Quadriceps femoris, ketika otot ini lemas tulang tempurung dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri serta sedikit ke bawah dan ke atas dengan memiliki tiga tepi superior, medial dan lateral.


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan komentar