Jenis-Jenis Tumbuhan Paku

Bantuin Share Yuk!

Tumbuhan Paku merupakan sekelompok tumbuhan yang mempunyai sistem pembuluh sejati (Tracheophyta). Jenis tumbuhan ini juga biasa disebut dengan pakis-pakisan atau paku-pakuan. Tumbuhan ini tidak pernah menghasilkan biji untuk berkembang biak. Adapun jenis-jenis tumbuhan paku yang perlu kalian ketahui seperti dibawah ini.

Jenis-Jenis Tumbuhan Paku
Gambar Jenis-Jenis Tumbuhan Paku

Jenis-Jenis Tumbuhan Paku

1. Tumbuhan Paku Purba (Psilopsida)

Tumbuhan Paku Purba
Gamabar Tumbuhan Paku Purba

Tumbuhan Paku Purba atau yang mempunyai nama latin Psilopsida merupakan tanaman paku yang mempunyai bentuk tubuh yang sederhana. Ranting pada tumbuhan paku purba ini cenderung bercabang dan mempunyai bulu bulu halus yang menyelimuti tubuhnya. Paku purba juga memiliki akar serabut yang halus atau biasa dikenal dengan akar semu.

Tumbuhan Paku Purba juga terdapat di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Tumbuhan ini juga memiliki daun mikrofil, batang berklorofil dan bersifat homospora.

2. Tumbuhan Paku Kawat (Lycopodiopsida)

Tumbuhan Paku Kawat
Gambar Tumbuhan Paku Kawat

Tumbuhan Paku Kawat atau bernama latin Lycopodiopsidaini mempunyai bentuk daun berkawat mirip seperti pohon pinus, ukurannya yang kecil, dapat tumbuh di daerah tropis, dan epifit pada kulit pohon. Tumbuhan ini juga memiliki akar, batang, dan daun sejati. Daunnya berbentuk kecil-kecil dan rapat.

Tumbuhan Paku Kawat hidup di daerah yang beriklim tropis baik di atas tanah ataupun menempel di pohon. Tumbuhan ini tergolong sebagai heterospora karena menghasilkan 2 jenis spora yaitu mikrospora dan makrospora. Tumbuhan Paku Kawat mempunyai 2 jenis sporangium pada paku Rane atau Selaginella, yaitu makrosporangium dan mikrosporangium.

3. Tumbuhan Paku Sejati (Pteropsida)

Tumbuhan Paku Sejati
Gambar Tumbuhan Paku Sejati

Tumbuhan Paku Sejati yang memiliki nama latin Pteropsida ini biasa disebut dengan tanaman pakis. Tumbuhan ini mempunyai daun yang lebih lebar daripada tumbuhan paku lainnya seperti Suplir (Adiantum cuneatum), Semanggi (Marsilea crenata), dan paku Sarang Kuda (Asplenium nidus). Batangnya tertanam dibawah permukaan tanah juga tumbuh di atas permukaan tanah (rimpang atau rizhome).

Tumbuhan Paku Sejati dapat hidup di daerah topis maupun sub tropis. Tumbuhan ini memiliki spora-spora yang berkumpul di bawah daun, dan penyebarannya dibantu oleh angin. Dalam berkembang biak tumbuhan ini membutuhkan air untuk sel telur dan sperma.

Video Jenis-Jenis Tumbuhan Paku

Dari penjelasan diatas kamu sudah belajar banyak tentang jenis-jenis tumbuhan paku. Semoga penjelasan tersebut mudah dimengerti dan bermanfaat buat kamu.


Bantuin Share Yuk!