Klasifikasi Echinodermata

Bantuin Share Yuk!

Apakah anda sudah tahu bagaimana pembagian atau pengelompokan echinodermata? Kelompok hewan berduri ini memang wajib anda ketahui agar lebih mengerti bagaimana sebanyak 7000 species echinodermata dikelompokkan. Pembahasan tentang hal ini dikenal dengan sebutan klasifikasi echinodermata yang akan dibahas di bawah ini.

Klasifikasi Echinodermata
Klasifikasi Echinodermata

Kelompok hewan echinodermata memiliki salah satu keistimewaan yang sama yaitu memiliki kemampuan untuk tumbuh kembali ketika anggota tubuhnya hilang atau berkurang. Hal terebut bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk melindungi diri. Tetapi, ketika anda lihat bentuknya, anda bisa mengklasifikasikan echinodermata dalam beberapa kelas yang berbeda sebagai berikut.

Bagaimana klasifikasi pada filum echinodermata?

1. Kelompok Asteroidea : kelompok yang memiliki bentuk tubuh seperti bintang, diantaranya kelas Ophiuroidea dan Asteroidea.
2. Kelompok Ophiurodea : Kategori ular lautyang memilikilima lengan fleksibel dan panjang serta memilikilambung buntu tanpa usus dan anus. Hewan ini pada umumnya detritivora.
3. Kelompok Crinoidea : kategori lilia laut yangpada umumnya berbentuk seperti tumbuhandan sesil.
4. Kelompok Echinoidea : Golongan bulu babi atau landak laut. Hewan ini pemakan ganggang, berbentuk bola keras berduri, memiliki susunan osikel yang sangat rapat sehingga membentuk “tempurung” keras dan hewanini tidak memiliki lengan.
5. Kelompok Holothuroidea : Golongan teripang atau mentimun laut. Hewan ini pemakan endapan (sisa – sisa organisme), memiliki bentuk lonjong, susunan osikelnya sangat tersebar sehingga fleksibel. Hewan ini tidak memiliki lengan.

Klasifikasi Echinodermata (Pengelompokan)

1. Kelompok asteroidea

Kelompok yang pertama adalah kelompok asteroidea atau juga bisa disebut dengan kelompok bintang laut. Ciri-ciri dari kelompok yang pertama terdapat pada bentuknya, yaitu memiliki bentuk yang menyerupai bintang. Pantas saja kalau kelompok echinodermata ini disebut dengan sebutan kelompok bintang laut. Beberapa contoh spesies asteroidea adalah bintang laut, bintang laut biru, dan bintang laut bertanduk.

Struktur tubuh dari kelompok asteroidea juga perlu anda ketahui. Pertama, bagian atas kelompok ini disebut sebagai permukaan adoral. Sedangkan bagian bawahnya memiliki sebutan permukaan oral. Kalau anda ingin mencari dimana letak mulut kelompok ini, jawabannya adalah berada di permukaan oral. Coba saja perhatikan secara baik-baik dan temukan dimana letaknya secara pasti.

2. Kelompok ophiuroidea

Nama pengelompokkan atau klasifikasi echinodermata yang kedua disebut dengan kelompok ophiuroidea. Kelompok yang satu ini dapat anda lihat dari ciri fisiknya yang memiliki lima lengan, kemudian memiliki gerakan seperti ular. Di indonesia, kelompok yang satu ini memiliki nama lain yaitu kelompok bintang mengular, sesuai dengan ciri-cirinya secara fisik.

Slah satu spesies yang termasuk ke dalam kelompok ophiuroidea adalah ophiothrix. Kalau anda lihat secara saksama, kelompok ini juga memiliki ciri-ciri lain yaitu tidak memiliki anus dan juga kaki tabung. Meskipun begitu, kelompok yang satu ini tetap memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan baik di habitatnya.

3. Kelompok crinoidea

Kelompok crinoidea merupakan kelompok echinodermata yang memiliki ciri-ciri fisik berupa kemampuannya menempel di subtrat yang berada di laut. Kelompok ini memang memiliki ciri-ciri yang berbeda dari jenis kelompok lainnya. Salah satu spesies echidodermata yang tergolong kelompok ini adalah antedon sp dan holopus sp.

Satu lagi yang perlu anda ketahui dari kelompok ini adalah sebutan lain dalam bahasa Indonesia yang bisa disebut dengan nama lilia laut.

4. Kelompok echinoidea

Sedangkan kelompok yang keempat ini memiliki sebutan lain yaitu bulu babi. Dengan kata lain, bulu babi adalah nama untuk kelompok echinodea. Ciri-ciri khusus yang terdapat pada kelompok ini adalah memiliki kaki tabung yang berjumlah lima buah. Merupakan salah satu hewan berduri yang memiliki bentuk tubuh yang bulat.

Di sekitar anda, contoh spesies yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah bulu babi dan juga landak laut. Anda mungkin sudah sering bertemu dengan spesies yang termasuk ke dalam kelompok echinoidea ini.

5. Kelompok holothuroidea

Nama klasifikasi echinodermata yang terakhir adalah holothuroidea. Ciri-ciri dari kelompok ini adalah memiliki kaki tabung berjumlah lima, tetapi tidak memiliki duri. Kebanyakan echinodermata tentu saja memiliki duri, tetapi kelompok yang satu ini tergolong kelompok yang mudah dikenali karena tidak memilikinya. Anda bisa lihat kelompok ini pada hewan mentimun luat atau yang biasa disebut teripang.

Baca Juga :  Bagian-Bagian Akar Jagung

Itulah beberapa nama klasifikasi atau kelompok echinodermata yang perlu anda ketahui. Meskipun memiliki bentuk yang agak mirip, ternyata jenis hewan yang satu ini dapat dibedakan dan dikelompokkan berdasarkan perbedaan fisik secara khusus.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan