Letak Jaringan Epidermis

Bantuin Share Yuk!

Jaringan epidermis merupakan sebuah jaringan tubuh tumbuhan yang terletak pada bagian tumbuhan yang paling luar. Epidermis menutupi seluruh tubuh tumbuhan, mulai dari akar, batang hingga daun. Namun, pada bagian manakah letak jaringan epidermis ini berada?

Letak Jaringan Epidermis
Letak Jaringan Epidermis

Pada umumnya jaringan ini terletak di bagian paling luar tumbuhan, karena fungsinya yang menjadi pelindung jaringan di dalamnya. Selain itu, jaringan ini juga menjadi tempat pertukaran zat. Tetapi, jaringan daun tidak memiliki kloroplas kecuali pada bagian sel penutup stomata.

Dimana letak jaringan epidermis?

Letak jaringan epidermis yaitu berada pada lapisan paling luar, epidermis hanya terdapat pada tumbuhan sedangkan hewan terdapat jaringan epitel.

Letak Jaringan Epidermis dan Parenkim

Epidermis terdiri dari satu lapisan sel, tetapi pada beberapa tumbuhan sel protoderm daun sel ini membelah sejajar dengan permukaan. Kemudian turunannya membelah lagi, sehingga munculah epidermis berlapis. Kondisi seperti ini dapat ditemui dalam beberapa jenis tumbuhan, misalnya velamen pada akar anggrek.

Jaringan epidermis berada di lapisan terluar daun, terbagi menjadi dua yakni epidermis atas dan epidermis bawah. Pada permukaan daun bagian bawah dapat ditemukan bentuk modifikasi sel epidermsi, yakni berupa sel penutup yang terdapat di stomata.

Sel epidermis memiliki protoplas yang hidup dan digunakan untuk menyimpan hasil metabolisme, misalnya seperti plastid dan grana tetapi sedikit. Pada dinding sel luar epidermis ada area luar antar fibril yang cukup lebar, area ini mengandung kutin dan membentuk lapisan kutikula di permukaan luar epidermis.

Jaringan ini secara umum memiliki bentuk, ukuran dan susunan yang beragam tetapi selalu tersusun rapat membentuk sebuah lapisan tanpa ruang interseluler. Namun, jaringan ini juga memiliki tambahan alat yang disebut derivat epidermis, salah satu contohnya adalah parenkim.

Parenkim atau juga disebut jaringan air terdiri dari beberapa sel yang terdapat di dalam epidermis daun, contohnya xerofita. Jaringan ini tersusun oleh sel yang besar tetapi memiliki dinding yang tipis disertai vakuola sentral dengan bentuk yang cukup besar.

Parenkim air berfungsi untuk menyimpan air pada tumbuhan xerofita, epidermis dan parenkim air disebut juga epidermis ganda. Letak parenkim ini berada di dalam jaringan epidermis itu sendiri karena memang menjadi alat tambahan atau modifikasi jaringan epidermis.

Letak Jaringan Epidermis pada Akar

Jaringan yang terletak pada akar ini terdiri dari sel-sel yang rapat tanpa memiliki ruang antarsel, dindingnya tipis, bentuknya memanang sejajar sumbu akar. Kemudian pada penampang melintang berbentuk membulat, dinding sel pada jaringan epidermis di akar disusun oleh selulosa dan pectin yang menyerap air.

Sesuai dengan namanya, letak jaringan epidermis ini berada pada akar tumbuhan. Bila epidermis terkelupas waktu akar semakin menua, dinding pada sel ini akan mengalami penebalan dengan kutin dan suberin. Sementara penyerapan air terjadi pada bagian ujung akar.

Permukaan sel epidermis di bagian luar akan membentuk sebuah benjolan, yang merupakan rambut akar atau bulu akar. Sel ini kemudian yang membentuk bulu akar terletak di belakang daerah pembentangan meliputi area tersebut hingga beberapa centimeter.

Fungsi dari bulu terlihat pada proses penyerapan air dan mineral dari dalam tanah. Air dan mineral akan masukk ke tubuh tumbuhan dengan melewati sel epidermis, hal inilah yang membuat sel-sel epidermis pada akar tidak serapat sel epidermis pada daun.

Letak jaringan epidermis pada tumbuhan sesuai dengan namanya, jaringan ini juga memiliki fungsi yang berbeda di setiap tempatnya berada. Meski terletak di tempat yang berbeda, fungsi jaringan epidermis tetap sama yakni sebagai pelindung bagian dalam tumbuhan.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Pengertian Echinodermata adalah hewan laut yang dikategorikan sebagai hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuhnya dibagi menjadi lima bagian yang tersusun mengelilingi sumbu pusat.


Bantuin Share Yuk!
Baca Juga :  Jaringan Meristem Sekunder

Tinggalkan Balasan