Letak Jaringan Meristem

Bantuin Share Yuk!

Tahukah Anda bahwa tubuh tumbuhan tersusun atas berbagai macam jaringan yang kompleks. Salah satu jaringan penyusun tubuh tumbuhan adalah jaringan meristem atau meristematik. Jaringan ini terdiri atas beberapa bagian yang memiliki fungsi dan letak yang berbeda-beda. Letak jaringan meristem tersebut dapat Anda ketahui berdasarkan informasi berikut ini.

Letak Jaringan Meristem
Letak Jaringan Meristem
Dimana letak jaringan meristem sekunder?

Jaringan meristem sekunder terletak di kambium

Dimana letak jaringan meristem primer?

Jaringan meristem primer terletak di ujung batang

Dimana letak jaringan meristem apikal interkalar dan lateral?

– Meristem Apikal terletak di ujung akar, ujung batang, dan pucuk tunas
– Meristem Interkalar terletak di pangkal ruas batang rumput – rumputan
– Meristem Lateral terletak di akar dan tunas

Letak Jaringan Meristem

1. Primer

Jaringan meristem primer adalah jenis jaringan meristematik muda yang berasal dari perkembangan sel-sel yang selalu aktif membelah atau sel embrionik. Letak jaringan meristem primer yakni pada bagian akar dan batang suatu tumbuhan. Aktivitas perkembangan sel-sel yang dilakukan oleh jaringan merisitematik muda pada bagian akar dan batang ini menyebabkan kedua bagian tumbuhan itu semakin membesar.

Pertumbuhan tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh jaringan muda ini juga sering disebut sebagai pertumbuhan primer. Adapun urutan pertumbuhan dan perkembangan dari jaringan muda ini dimulai dari promoristem, protoderm, prokambium dan meristematik dasar.

Baca Juga :  Cara Kerja Xilem dan Floem

2. Sekunder

Berbeda dengan meristematik primer, jaringan meristematik sekunder berasal dari jaringan dewasa yang telah mengalami pemberhentian pertumbuhan dan berubah menjadi embrional kembali. Jaringan dewasa ini terdiri atas kambium dan gabus. Adapun letak tepatnya jaringan dewasa ini yakni di antara xylem dan floem.

Letak jaringan meristem yang berupa kambium terdapat pada akar dan batang dari tumbuhan yang mempunyai biji terbuka (tumbuhan dikotil). Sedangkan letak jaringan dewasa yang berupa gabus ini ada pada kulit batang dan senantiasa membentuk jaringan gabus. Letak jaringan meristem pada batang ini akan senantiasa memperkuat batang tumbuhan tersebut.

3. Apikal

Meristem ujung atau yang disebut sebagai apikal adalah jaringan meristematik yang terletak di antara bagian ujung akar maupun ujung batang tumbuhan. Jaringan ini menyebabkan pertumbuhan primer berupa pertambahan besar pada bagian akar maupun batang tumbuhan. Letak jaringan meristem pada akar tersebut akan menyebabkan akar semakin bercabang.

Di samping itu, letak jaringan yang ada pada batang akan menyebabkan tumbuhan tersebut senantiasa mengalami perkembangan, memiliki cabang, daun hingga bunga. Jadi, jaringan meristematik apikal berpengaruh besar dalam pertumbuhan bunga pada suatu tumbuhan.

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Gabus

4. Interkalar

Letak jaringan meristem ini terdapat di antara ruas-ruas batang maupun dua jaringan dewasa lainnya. Karena itu jaringan ini sering disebut sebagai jaringan meristematik antara. Serupa dengan meristematik sebelumnya, jaringan interkalar juga berasal dari meristematik primer. Adapun aktivitas pertumbuhan yang dilakukan oleh jaringan interkalar ini akan menyebabkan pertambahan panjang antar ruas-ruas batang.

Anda perlu tahu bahwa jenis meristematik ini juga akan menghasilkan bunga walaupun sebenarnya jenis meristematik ini terbentuk dari sisa meristematik apikal yang tertinggal.

5. Lateral

Ini adalah jenis jaringan meristem yang juga dikenal dengan nama meristematik samping. Adapun letak jaringan meristem ini sejajar dengan lingkaran organ tempat dimana ditemukannya meristematik lateral. Jenis jaringan meristematik ini juga kerap disebut sebagai jaringan yang menghasilkan pertumbuhan sekunder.

Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh meristematik lateral ini menyebabkan penebalan dan pembesaran pada akar dan batang tumbuhan itu sendiri. Adanya jaringan meristem ini menjadikan tumbuhan tersebut semakin bertambah lebar ke arah lateral atau samping. Anda bisa menjadikan gabus dan kambium gabus sebagai contoh nyata dari jaringan ini.

Baca Juga :  Peranan Echinodermata

Sejatinya penting bagi Anda untuk mengetahui dimana letak jaringan meristematik sekunder dan primer. Kemudian, akan lebih baik lagi jika Anda juga mengetahui dimana letak jaringan meristem apikal, interkalar dan lateral guna memperkaya informasi, wawasan dan ilmu pengetahuan bagi Anda.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan