Macam-Macam Jaringan Meristem

Bantuin Share Yuk!

Dalam bidang kajian ilmu biologi, tentu Anda tidak akan merasa asing dengan yang namanya jaringan. Jaringan sejatinya merupakan sekumpulan sel yang mempunyai bentuk maupun fungsi serupa. Salah satu jaringan yang amat populer dalam dunia tumbuhan adalah jaringan meristematik. Terdapat begitu banyak variasi dari jaringan ini. Adapun macam-macam jaringan meristem di antaranya ialah sebagai berikut.

Macam - Macam Jaringan Meristem
Macam – Macam Jaringan Meristem
Sebutkan macam-macam jaringan meristem berdasarkan letaknya dan berikan masing-masing contohnya !

1. Jaringan Meristem Ujung : Berada di ujung daun, cabang akar, dan cabang akar.
2. Jaringan Meristem Lateral : Berada diantara 2 jaringan. Contohnya kambium.
3. Jaringan Meristem Interkalar : Berada diantara 2 bagian. Contohnya pada bambu.

Macam-Macam Jaringan Meristem Menurut Asal Usul

1. Promeristem

Promeristem adalah jenis meristematik berdasarkan asal usul yakni sejak suatu tumbuhan ada dalam tahapan maupun fase embrio. Karena masih berada dalam fase embrio tersebut, maka jaringan ini belum mempunyai fungsi penting layaknya meristematik primer dan sekunder.

2. Primer

Salah satu dari jenis jaringan meristem ini terdiri atas sel-sel embrionik. Sel-sel tersebut senantiasa aktif untuk melakukan aktivitas pembelahan diri sehingga menyebabkan pertumbuhan yang memanjang. Macam-macam jaringan meristem primer di antaranya:

  1. Apeks pucuk
    Sesuai dengan namanya, apeks pucuk merupakan meristematik primer yang berfungsi untuk membentuk pucuk.  Contohnya ada pada batang tumbuhan, primordia bakal daun serta primorida bakal tunas.
  2. Apeks akar
    Seperti namanya, apeks akar ini bertujuan untuk membentuk jaringan yang ada pada akar. Apeks akar terdiri atas protoderm, meristem korteks serta pembuluh silinder.

3. Sekunder

Meristematik sekunder adalah salah satu jenis jaringan yang terdapat pada tumbuhan serta berasal dari jaringan dewasa (jaringan yang sudah berubah menjadi embrio kembali). Anda bisa menjadikan kambium dan kambium gabus sebagai contoh dari jaringan ini. Kambium merupakan lapisan sel-sel tumbuhan yang selalu rutin dan aktif membelah diri. Jaringan ini bisa Anda temukan di antara xylem dan floem.

Jaringan Meristematik Menurut Letak

1. Apikal

Apikal adalah jenis jaringan meristematik yang terletak pada ujung pucuk utama, pucuk lateral maupun ujung akar. Macam-macam jaringan meristem apikal di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Apeks pucuk
    Sesuai dengan namanya, apeks pucuk terletak pada bagian atas promordium yang dimiliki daun muda. Apeks ini bersifat meristematis serta memiliki bentuk yang berbeda-beda pada tiap jenis tumbuhan. Bentuk-bentuk apeks tersebut di antaranya:
    1. Pteridophyta, yakni bentuk apkes berupa 1 sel apical dan initial apical.
    2. Gymnospermae, yaitu bentuk apeks pucuk berupa type cycas (terdapat pada permukaan atas  bidang pembelahan periklinal dan antiklinal) dan type ginkgo (terdapat pada sel induk sentral, rusuk dan tepi).
  2. Apeks akar
    Sesuai dengan namanya, apeks akar adalah bagian apikal yang berfungsi untuk membentuk jaringan pada akar. Bagian ini terdiri atas tiga daerah penting berupa dermatogen, plerom dan periblem.

2. Lateral

Lateral atau yang familiar dengan sebutan mersitematik samping merupakan jaringan yang menyebabkan adanya pertumbuhan sekunder pada tumbuhan. Letak jaringan ini begitu sejajar dengan organ permukaan tumbuhan. Adapun macam-macam jaringan meristem lateral di antaranya sebagai berikut.

  • Kambium pembuluh
    Kambium pembuluh merupakan lapisan pembentuk silinder pada sel baik pada bagian akar, batang maupun cabang. Kambium biasanya terletak di antara jaringan kayu maupun kulit kayu tumbuhan.
  • Kambium gabus
    Kambium gabus merupakan lapisan sel yang membentuk silinder pada bagian luar daerah kulit kayu. Kambium senantiasa menghasilkan lapisan pelindung bagi tumbuhan yang dinamakan gabus.

3. Interkalar

Jenis meristematik ini terdapat di antara jaringan dewasa yang merupakan jenis jaringan yang tertinggal saat meristematik lainnya tumbuh.

Aktivitas dari interkalar menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan pada t=suatu tumbuhan. Jadi, jika batang tumbuhan memiliki jaringan ini, maka daerah buku pada tumbuhan tersebut akan menjadi dewasa lebih awal. Selain itu, meristematik ini juga menyebabkan kemunculan bunga pada suatu tumbuhan.

Dengan mengetahui apa saja macam-macam jaringan meristem, maka dapat membantu Anda memahami lebih jauh tentang jaringan yang ada pada tumbuhan. Pemahaman tersebtu dapat dijadikan sebagai jembatan bagi Anda untuk ikut melestarikan maupun upaya budidaya lainnya.


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan komentar