Meristem Apikal

Bantuin Share Yuk!

Artikel ini akan menjelaskan secara lengkap tentang meristem apikal. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu Anda sangat jarang mengetahui tentang jaringan ini. Namun pada saat di bangku sekolah, sebagai salah satu bahan pelajaran tentu akan dibahas tentang jaringan ini. Jika ingin mengetahui dan memahami, simak penjelasan berikut ini.

meristem apikal
meristem apikal
Apa itu meristem interkalar?

Meristem interkalar adalah jaringan meristem yang terletak di antara dua ruas.

Apa itu meristem lateral?

Meristem lateral adalah jaringan meristem yang terletak sejajar dengan permukaan organ. Contohnya kambium dan kambium gabus.

Apa perbedaan meristem apikal?

Perbedaan meristem apikal dan meristem interkalar dan meristem lateral adalah:

1. Lokasi
– Meristem Apikal terletak di bagian puncak dan di ujung akar.
– Meristem Lateral terletak di kambium antara pembuluh tapis (floem) dan pembuluh kayu (xylem) dibagian dalam tanaman.
– Meristem Interkalar terletak di ruas batang pada tanaman yang batangnya memiliki ruas.

2. Fungsi
– Meristem Apikal berfungsi untuk melakukan pertumbuhan ke atas atau perpanjangan . akar di bawah tanah.
– Meristem Lateral berfungsi untuk melakukan percabangan atau pertumbuhan sekunder.
– Meristem Interkalar berfungsi untuk melakukan pertumbuhan pada ruas batang.

3. Persebaran
– Meristem apikal terdapat pada semua tanaman, karena semua tanaman dapat tumbuh ke atas.
– Meristem lateral hanya terdapat pada tanaman berjenis gymnospermae atau berbiji terbuka dan tanaman dikotil atau berbiji belah.
– Meristem Interkalar hanya terdapat pada tanaman dengan batan berruas dari jenis rerumputan dan bambu.

Bagaimana pengaruh meristem apikal pada pertumbuhan tumbuhan?

Pengaruh meristem apikal pada pertumbuhan tumbuhan yaitu tumbuhan dapat bertambah tinggi dan panjang di ujung akar dan ujung batang tumbuhan.

Dimana letak meristem apikal?

Meristem apikal terletak pada bagian puncak tanaman dan di ujung akar.

Mengapa meristem apikal atau ujung tunas dapat menghambat perkembangan kuncup ketiak menjadi daun?

Karena meristem apikal memiliki banyak hormon auksin yang memiliki efek dominasi apikal yang dapat menghambat pertumbuhan ke samping.

Baca Juga :  Letak Jaringan Epidermis

Pengertian Meristem Apikal

Meristem merupakan jaringan pada tumbuhan yang terdapat di bagian tumbuhan terdiri dari kumpulan sel punca. Sel punca ini berperan aktif dalam pembelahan sel serta mengalami pembedahan. Adapun sel pembentuk pada jaringan meristem ini memiliki dinding yang tipis, berukuran kecil, dan memiliki nukleus yang besar dan tidak memiliki vakuola atau memiliki vakuola yang berukuran sangat kecil.

Sel-sel meristem ini berbentuk bulat, kuboid, lonjong, atau prismatic. Jaringan yang tersusun pada meristem apikal ini tersusun dari sel muda yang masih memiliki perbedaan tunggal. Sehingga jaringan ini akan selalu bersifat embrional. Embrional merupakan sifat dimana sel yang aktif akan terus menerus membelah dan memperbanyak jumlahnya.

Baca Juga :  Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

Ciri-ciri Meristem Apikal

Jaringan meristem apikal ini memiliki ciri-ciri yang tentunya dapat diidentifikasi melalui jenis jaringannya. Mengetahui tentang ciri-ciri meristem tentu sangat penting bagi Anda. Adapun ciri-ciri dari meristem adalah sebagai berikut.

  1. Berbentuk prismatik atau sel kuboid
  2. Memiliki vakuola dengan ukuran paling kecil atau tidak memiliki vakuola sama sekali
  3. Terdapat inti sel yang berukuran besar
  4. Terdapat banyak sel dari sitoplasma dan protoplasma
  5. Tersusun dari sel-sel yang terdapat di dalam fase pertumbuhan dan pembelahan
  6. Tidak dapat ditemukan di ruangan antar sel dan meristem
  7. Sel ini memiliki bentuk yang lonjong, bulat, dan memiliki dinding sel yang tipis
Baca Juga :  Fungsi Jaringan Gabus

Fungsi Meristem Apikal

Jaringan meristem juga memiliki berbagai fungsi yang tentunya bermanfaat bagi tanaman. Fungsi jaringan meristem yaitu sebagai penyokong pertumbuhan tanaman baik ke bagian atas maupun ke bagian samping.

Jaringan meristem ini akan membantu pertumbuhan batang ke atas dan pertumbuhan akar yang memanjang pada tanaman. Jaringan ini juga membantu pertumbuhan ke arah samping hingga pada diameter batang yang merupakan bagian dari ketebalan suatu tanaman. Terakhir yaitu jaringan ini berfungsi sebagai perantara tanaman.

Baca Juga :  Cara Kerja Xilem dan Floem

Dimana Letak Jaringan Meristem?

Berdasarkan letaknya, jaringan meristem apikal terdiri dari beberapa jaringan yang dapat dijadikan sebagai salah satu informasi tentang wilayah meristem apical tersebut.

1. Meristem apikal

Meristem apikal yaitu meristem yang terletak di bagian batang dan ujung akar. Dalam hal ini, adanya pertumbuhan primer pada tanaman akan menghasilkan bertambah panjangnya bagian akar dan batang pada tanaman.

2. Meristem interkalar

Jaringan ini terletak di ruas batang yang menyebabkan tumbuhnya bunga. Meristem interkalar ini terletak diantara jaringan dewasa yang dibentuk oleh jaringan primer pada tanaman. Meristem interkalar ini merupakan meristem apikal yang tertinggal ketika meristem apikal tumbuh.

3. Meristem lateral

Jaringan meristem ini terletak di lingkaran organ yang merupakan penghasil pertumbuhan sekunder. pertumbuhan ini akan menjadikan organ semakin tumbuh ke samping dan menjadi lapisan pelindung atau periderm.

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Gabus

Contoh Meristem Apikal

Contoh tumbuhan meristem apikal ini terdiri dari tumbuhan dengan jenis paku-pakuan dan tumbuhan yang memiliki biji baik terbuka maupun tertutup.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Echinodermata

Penjelasan tentang meristem apikal di atas tentu menjadi salah satu pengetahuan dasar bagi Anda jika ingin mempelajari tentang pertumbuhan tanaman. Penjelasan secara singkat di atas dapat menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda untuk belajar tentang jaringan meristem apikal.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan