Pengertian Echinodermata

Bantuin Share Yuk!

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang Echinodermata? Jika iya, sudahkah Anda memahaminya? Artikel ini akan lebih menjelaskan secara mendalam tentang Echinodermata sebagai salah satu hewan yang tinggal di dalam laut. Ingin tahu bagaimana? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Pengertian Echinodermata
Pengertian Echinodermata
Apa keuntungan echinodermata?

1. Sebagai bahan makanan
2. Sebagai bahan dasar pembuatan obat
3. Sebagai penghasil kapur
4. Sebagai dekomposer

Apa itu filum echinodermata?

Echinodermata adalah hewan laut yang dikategorikan sebagai hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuhnya dibagi menjadi lima bagian yang tersusun mengelilingi sumbu pusat. Terdapat sebuah coelom besar bersifat enterocoelous bersilia membentuk ruangan perivisceral dan beberapa sistem yang berbelit-belit. (Marshall, 1972:125).

Bagaimana echinodermata bergerak memperoleh makanan?

Echinodermata bergerak karena sistem abulakral yang merupakan sistem aliran air lewat pembuluh yang dapat dilakukan oleh kelompok hewan berkulit duri.

Sistem kerjanya mulai dari masuknya air dari laut melalui lubang medreporit di bagian punggu kemudian disalurkan ke saluran yang berakhir ke ampula yang menyerupai s eperti tabung atau balon, ampula berisi air ini nanti akan di tekankan ke obyek bantuan sehingga dapat membawa badan echinodermata bergerak, dengan penekan ampula mempunyai resiko air bergerak ke mulut begitu seterusnya.

Dimana habitat echinodermata?

Echinodermata adalah hewan yang hidup bebas, biasanya hidup di panntai hingga ke dasar laut dengan kedalaman sekitar 6.000m. Echinodermata bersimbiosis komensalisme (sebagai hewan tempat berlindung bagi hewan lain).

Pengertian Echinodermata

Pengertian filum echinodermata adalah jenis binatang yang memiliki kulit berduri dan tinggal di dalam laut. Bentuk tubuh binatang Echinodermata ini memiliki bentuk simetri radial, dimana di dalamnya tubuh terbagi menjadi 5 bagian yang dapat disebut sebagai pentaradial. Pentaradial ini tersusun dan terbentuk seolah mengelilingi sumbu pusat.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Paha

Jurnal pengertian Echinodermata ini pada dasarnya memiliki berbagai perspektif. Perspektif itu tergantung pada fungsi dan ciri-ciri yang melekat pada Echinodermata. Semua pengertian tersebut bersifat melengkapi pengertian lain berkaitan dengan hewan Echinodermata.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Telapak Tangan

Cara Bertahan Hidup Echinodermata

kehidupan Echinodermata terbilang bebas, karena hewan ini dapat hidup di laut pada bagian manapun. Anda dapat menemukan hewan Echinodermata di bagian pantai maupun di bagian laut yang dalam sekalipun. Echinodermata ini tinggal di sela-sela batu atau pasir di lautan.

Adapun makanan hewan Echinodermata ini juga tergantung jenis makanannya, sebagian besar binatang yang memiliki habitat di laut ini merupakan predator. Makanan yang dikonsumsi oleh hewan Echinodermata ini dapat berupa plankton, organisme yang membusuk, moluska, potongan bahan organik, dan lain sebagainya.

Hewan ini hidup secara berkelompok, oleh karena itu setiap hewan Echinodermata ini memiliki kemampuan organisasi yang bagus. ketika terancam, hewan ini juga memiliki sistem perlindungan diri berupa melepaskan organnya untuk mengecoh musuh. Ketika organ tersebut dilepaskan, maka hewan ini memiliki kesempatan untuk kabur. Organ yang telah lepas tersebut akan tumbuh kembali.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Kering

Keuntungan Echinodermata

Sebagai salah satu hewan yang memiliki habitat di laut dan juga merupakan bagian dari biota laut, Echinodermata juga memiliki berbagai peran dan keuntungan bagi manusia. Adapun keuntungan hewan Echinodermata ini adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Reproduksi Echinodermata

1. Peran ekologi

Hewan Echinodermata memiliki fungsi untuk menggali pasir, sehingga akan membuka lahan pasir dan akan memberikan kedalaman yang semakin besar terhadap laut. Hal ini juga akan menimbulkan oksigen yang masuk sehingga akan memperluas laut dan memungkinkan banyaknya organisme lain yang tinggal disana.

Hewan Echinodermata ini juga memiliki fungsi memakan rumput laut sehingga akan mencegah tumbuhnya rumput laut pada terumbu karang karena aktivitasnya. Ketika terumbu karang semakin sedikit, maka akan mencegah kerusakan terumbu karang.

2. Peran sebagai makanan

Berbagai penelitian mengemukakan bahwa hewan Echinodermata tergolong sebagai salah satu hewan yang lezat apabila dikonsumsi. Adapun contoh hewan Echinodermata yaitu lili laut, bulu babi, bintang ular, teripang, dan lain sebagainya.

Meskipun sangat jarang terdengar di Indonesia, namun beberapa jenis hewan Echinodermata tersebut telah menjadi makanan olahan yang terkenal dan disukai di Peru, Spanyol, Jepang, dan Perancis.

3. Sebagai obat dan objek penelitian

Echinodermata sebagai salah satu hewan tentu saja menjadi salah satu objek penelitian yang sangat memiliki kekayaan ilmu. Hewan Echinodermata khususnya pada teripang memiliki racun yang memiliki fungsi untuk memperlambat perkembangan sel tumor yang merupakan salah satu penyakit yang masih ada di Indonesia ini.

4. Berperan di bidang pertanian

Hewan Echinodermata ini juga bermanfaat di bidang pertanian. Karena hewan ini memiliki struktur yang keras, kerangkanya dapat diolah menjadi kapur. Kapur dari hewan Echinodermata ini dapat digunakan sebagai pengganti wilayah yang tidak memiliki batu kapur.

Adapun fungsi kapur di bidang pertanian ini berfungsi sebagai campuran tanah sehingga dapat memberikan nutrisi yang banyak. Tentunya, hal ini akan memberi manfaat bagi Anda yang memiliki tanaman pertanian sehingga akan tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Baca Juga :  Klasifikasi Echinodermata

Pengertian hewan Echinodermata beserta penjelasan lengkap di atas tentu menjadi salah satu alat bagi Anda untuk lebih memahami tentang hewan yang tinggal di laut. Semoga informasi di atas dapat membantu ya, selamat belajar!


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan