Pengertian Jaringan Gabus

Bantuin Share Yuk!

Jaringan tumbuhan terdiri atas berbagai macam kelompok yaitu jaringan meristem (embrionik), permanen (dewasa), penyokong (mekanik), sklerenkim, pengangkut dan jaringan gabus. Pengertian jaringan gabus merupakan suatu jaringan yang berperan sebagai pelindung jaringan di bawahnya. Jaringan ini terdiri atas tiga macam yakni eksodermis, endodermis dan periderm.

Pengertian Jaringan Gabus
Pengertian Jaringan Gabus
Apa itu jaringan gabus?

Jaringan gabus adalah jaringan yang tersusun terdiri dari sel – sel parenkim gabus.

Pengertian Jaringan Gabus

Jaringan gabus adalah suatu jaringan yang tersusun atas sel-sel parenkim gabus. Jaringan ini mempunyai sel gabus yang mati maupun kosong. Bentuk jaringan ini cenderung lonjong, memanjang serta berdinding gabus.

Tahukah Anda bahwa jaringan ini sebenarnya ditemukan oleh Robert Hook. Ia merupakan ilmuwan pertama yang mempelajari sel mati pada jaringan gabus atau Quergus suber. Pada tahun 1665 Robert Hook mengamati sayatan gabus menggunakan mikroskop. Kemudian, pada tahun yang sama ia menerbitkan sebuah buku berjudul Micrographia, yang memuat penelitiannya tersebut.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jaringan Gabus

Para ahli biologi modern turut serta dalam memberikan opini mereka terkait pengertian jaringan gabus. Sebagian besar ahli ilmu biologi sepakat bahwa jaringan ini merupakan jenis jaringan yang lebih kuat dibanding lapisan epidermis.

Pengertian jaringan gabus menurut para ahli adalah sekelompok meristem sekunder yang tersusun atas sel-sel parenkim korteks dan terdapat pada luar batang suatu tumbuhan.

Jaringan gabus juga disebut sebagai jaringan pengganti karena memiliki peran sebagai substitutor lapisan epidermis guna melindungi jaringan lain yang ada di bawahnya. Jaringan ini berperan penting untuk melindungi jaringan-jaringan lain agar tidak banyak kehilangan air. Hal ini karena sel-sel gabus memiliki sifat kebal air.

Pada tumbuhan berkeping dua, jaringan gabus terbentuk dari kambium gabus atau felogen. Jadi, jika lapisan epidermis rusak maka jaringan inilah yang akan menggantikan peran lapisan epidermis tersebut.

Jaringan gabus sejatinya memliki banyak manfaat bagi tumbuhan. Di samping dapat menggantikan peran lapisan epidermis sebagai pelindung jaringan di bawahnya, jaringan ini juga mampu mencegah adanya penguapan pada tumbuhan serta dapat melindungi tumbuhan tersebut dari adanya kerusakan mekanis. 

Baca Juga :  Bagian-Bagian Akar Monokotil

Macam-Macam Jaringan Gabus

  1. Eksodermis
    Pengertian jaringan gabus eksodermis merupakan jaringan yang terletak paling luar. Jaringan ini mengandung zat maupun senyawa suberin (lilin) yang berperan sebagai pengganti lapisan epidermis.
  2. Endodermis
    Endodermis dikelompokkan menjadi dua bagian yakni endodermis muda dan tua. Pada endodermis yang masih muda, maka dinding selnya hanya akan tersusun oleh selulosa saja. Selain itu, endodermis muda juga mempunyai sifat yang amat elastis.

    Lain daripada endodermis muda, endodermis yang sudah tua atau dewasa akan mengalami penebalan pada dinding selnya. Di samping itu, endodermis yang sudah dewasa akan membentuk sejumlah titik maupun pita dimana merupakan hasil dari zat kayu. Di dalamnya juga terkandung senyawa zuberin dan kutin yang lebih familiar dengan sebutan pita kaspari.
  3. Periderm
    Jaringan gabus satu ini terdiri atas tiga bagian yakni:
    • Kambium gabus atau felogen
      Kambium gabus atau felogen merupakan kambium yang mempunyai lapisan sel bersifat meristematis. Kambium gabus ini terbentuk dari berbagai macam jaringan hidup seperti epidermis dan parenkim korteks.
    • Gabus atau felem
      Ini merupakan lapisan gabus yang dikenal sebagai produk felogen. Felem inilah yang senantiasa terbentuk pada bagian luar.
    • Parenkim gabus atau feloderm
      Parenkim gabus merupakan lapisan gabus yang nyaris bersifat homogen dengan parenkim korteks. Feloderm ini terbentuk menuju ke arah dalam saja. Maka dari itu, feloderm hanya terdapat pada lapisan dalam.
Baca Juga :  Bagian-Bagian Akar Tunggang

Informasi terkait pengertian jaringan gabus tersebut kiranya dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan Anda. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga lingkungan Anda dan memanfaatkannya secara bijak. Hal tersebut demi kelestarian alam ini untuk masa depan nanti.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
Fungsi Jaringan Gabus adalah sebagai pencegah penguapan, pelindung kerusakan mekanis maupun infeksi patogen, pelindung seluruh jaringan dibawahnya, pelindung tumbuhan dari suhu ekstrim.
Pengertian Echinodermata adalah hewan laut yang dikategorikan sebagai hewan coelomate dengan simetri radial, dimana tubuhnya dibagi menjadi lima bagian yang tersusun mengelilingi sumbu pusat.
Ciri – Ciri Echinodermata : 1. Mempunyai sistem tabung jaringan hidrolik, 2. Tidak memiliki sistem eksresi. 3. Perkembangbiakan secaraseksual. 4. Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan – tonjolan yang menyerupai…


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan