Peranan Echinodermata

Bantuin Share Yuk!

Apakah anda tahu Echinodermata? Hewan laut salah satu ini mungkin jarang didengar oleh anak yang bukan jurusan ipa. Ternyata Echinodermata itu kelompok hewan laut yang sering dijumpai di laut. Tapi bukan ikan saja, bukan juga kura-kura dan hiu, berikut penjelasannya dan Peranan Echinodermata yang perlu kita ketahui.

Peranan Echinodermata
Peranan Echinodermata

Echinodermata adalah sekelompok hewan yang biasa tinggal di laut yang memiliki peranan penting bagi Ekosistem kehidupan. Echinodermata biasa ditemukan di kedalaman laut, dari zona intertidal dan zona abisal. Contoh hewan dalam filum Echinodermata antara lain adalah : bintang laut, landak laut, terimpang, dolar pasir, lili laut / lili batu.

Contoh pernanan echinodermata?

1. Pasir dolar
2. Teripang atau ketimun laut
3. Bintang Laut
4. Lili laut (crinoidea)
5. Bulu babi (echinoidea)
6. Dolar pasir
7. Bintang ular
8. Bintang getas

Peranan Echinodermata

Berikut Peranan Echinodermata Yang Harus Di Ketahui :

1. Peranan Ekologis Echinodermata

Echinodermata mempunyai peranan Ekologis. Karena ada beberapa hewan dalam filum tersebut seperti pasir dolar dan terimpang yang menggali ke dalam pasir, menyebabkan lebih banyak oksigen pada kedalaman dasar laut. Hal itu memungkinkan para organisme dapat tinggal lebih banyak di sana.

Selain pasir dolar dan terimpang, ada hewan dalam filum tersebut seperti bintang laut yang dapat mencegah pertumbuhan alga pada terumbu karang. Hal tersebut dapat memungkinkan karang untuk menyaring makanannya lebih mudah. Ada yang menganggap echinodermata merugikan bagi para pembudidaya tiram mutiara karena binatang laut merupakan  predator hewan budidaya tersebut.

Echinodermata juga penting dalam rantai makanan laut. Karena Echinodermata merupakan makanan pokok bagi hewan di laut. Seperti berang-berang laut yang memakan bulu babi, bintang laut dan sebagainya. Echinodermata juga memakan rumput laut, sehingga menyebabkan ekosistem laut menjadi terkendali.

Jika berkurangnya jumlah kelompok Echinodermata bagi ekosistem laut, hal itu dapat menyebabkan hancurnnya banyak terumbu karang dilaut. Hal itu Merugikan dikarenakan peran Echinodermata pemakan rumput laut seperti landak laut menjadi berkurang menyebabkan ekosistem laut di kuasi rumput laut. Sedangkan rumput laut mempunyai kemampuan untuk menghancurkan terumbu karang.

Peranan echinodermata yang menguntungkan dan merugikan masih banyak di lingkungan makhluk hidup laut untuk ekosistem kehidupan.

2. Peranan Echinodermata Sebagai Obat

Peranan Echinodermata sebagai obat merupakan peranan yang Menguntungkan Bagi Manusia. Echinodermata digunakan sebagai obat pelambat pertumbuhan sel tumor karena racun teripang, dan mempunyai kepentingan dalam penelitian kanker atau penelitian ilmiah. Bukan hanya manusia saja tapi juga landak laut atau sea urching (Echinoidea) mendapatkan peranan sebagai obat.

Dikarenakan landak laut merupakan organisme model dan digunakan dalam penelitian biologi perkembangan. Peranan Echinodermata bagi manusia pun membuat studi biokimia dan molekuler dari embrio awal dalam landak laut sebagai sejumlah penemuan besar. Ada juga Peranan Echinodermata Yang Menguntungkan Dan Merugikan.

3. Peranan Echinodermata Sebagai Makanan

Echinodermata dianggap makanan lezat di beberapa negara. Sebagian besar penduduk negara yang mengonsumsinya adalah Jepang, Spanyol, Prancis, dan Peru. Biasanya sekitar 50.000 ton landak laut di tangkap makanan. Tidak hanya landak laut, teripang juga dianggap lezat di beberapa negara asia tenggara.

4. Peranan Echinodermata Dalam Pertanian

Kerangka keras echinodermata dapat digunakan untuk sumber kapur oleh petani di daerah yang tidak tersedia batu kapur. Karena kapur mengandung zat besi dan jika ditambahkan ke tanah akan mengurangi keasaman dan akan meningkatkan kesuburan. Sekitar 4.000 ton hewan yang digunakan setiap tahun untuk tujuan tersebut.

Itulah 4 peranan echinodermata yang harus di ketahui, dan ternyata echinodermata memiliki peranan penting bagi makhluk hidup laut. Dan sebab itu jagalah laut dan cintailah lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah dan mencemari laut karena itu bisa membuat kepunahan bagi echinodermata.


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan komentar