Sel Penyusun Jaringan Gabus

Bantuin Share Yuk!

Jaringan gabus merupakan sekelompok meristematik sekunder yang hanya terdapat di bagian luar batang tumbuhan saja. Serupa dengan jaringan yang terdapat pada tumbuhan lainnya, jaringan gabus juga tersusun atas beberapa sel yang kompleks. Sel penyusun jaringan gabus memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan tumbuhan itu sendiri maupun menjaganya dari segala kerusakan mekanis.

Sel Penyusun Jaringan Gabus
Sel Penyusun Jaringan Gabus

Sel atau struktur yang menyusun jaringan gabus bagi suatu tumbuhan terdiri atas enam macam. Sel tersebut di antaranya eksodermis, endodermis dan peridermis. Adapun peridermis itu sendiri terdiri atas beberapa bagian berupa kambium gabus, gabus dan parenkim gabus.

Sel Penyusun Jaringan Gabus

  1. Eksodermis
    Sesuai dengan namanya, eksodermis merupakan sel atau struktur penyusun jaringan gabus yang terletak paling luar. Sel ini mengandung senyawa suberin atau zat lilin yang berperan penting demi kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Senyawa suberin ini berfungsi sebagai substitusi lapisan epidermis yang telah mengelupas.
  2. Endodermis
    Endodermis merupakan salah satu sel penyusun jaringan gabus yang berfungsi untuk mencegah nutrisi meninggalkan struktur tumbuhan untuk kembali ke tanah. Endodermis merupakan pusat terdalam bagi lapisan korteks.

    Endodermis juga berfungsi untuk menyimpan pati serta terlibat langsung dalam perlindungan tumbuhan dari racun yang bergerak ke sistem prasasti. Selain itu, sel ini diketahui terlibat dalam persepsi gravitasi.
  3. Peridermis
    Peridermis merupakan salah satu sel yang dimiliki oleh jaringan gabus dan berfungsi sebagai jaringan proteksi sekunder pengganti lapisan epidermis pada bagian akar dan batang tumbuhan. Peridermis senantiasa menambah tebal kulit akar maupun batang tumbuhan tersebut.
    Baca Juga :  Bagian-Bagian Akar Tunggang

    Peridermis berfungsi untuk melindungi tumbuhan dari adanya serangan maupun pengaruh suhu yang ekstrim. Sel penyusun dari jaringan gabus ini juga berfungsi untuk menjaga organ tumbuhan dari risiko kekeringan.

    Sel penyusun jaringan gabus peridermis ini terdiri dari tiga bagian. Adapun bagian-bagian penyusun sel peridermis di antaranya ialah sebagai berikut:
    • Kambium gabus
      Kambium gabus atau yang dikenal dengan nama felogen merupakan lapisan bagian penyusun peridermis yang bersifat meristematis. Kambium gabus dapat terbentuk dari berbagai macam jaringan hidup seperti halnya epidermis dan parenkim korteks.

      Kambium gabus terdapat pada bagian bawah lapisan epidermis. Selain itu, kambium gabus hanya dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua saja.
    • Gabus
      Gabus yang familiar dengan istilah felem adalah lapisan penyusun peridermis dan merupakan produk dari kambium gabus yang terbentuk ke arah luar. Felem hanya tersusun oleh sel-sel mati saja yang berbentuk kotak. Dinding sel senantiasa mengalami penebalan oleh senyawa suberin serta memiliki sifat impermeabel.
    • Parenkim gabus
      Parenkim gabus atau feloderm adalah lapisan penyusun peridermis terakhir yang mana nyaris homogen dengan parenkim korteks. Parenkim gabus menyebabkan bagian dalam tubuh tumbuhan dapat hidup secara terpisah dari udara luar.

      Feloderm tersusun atas sel-sel hidup dan berbeda halnya dengan felem yang tersusun atas sel-sel mati. Sel-sel penyusun parenkim gabus berbentuk menyerupai sel-sel parenkim.
Baca Juga :  Bagian-Bagian Akar Padi

Informasi terkait sel penyusun jaringan gabus tersebut kiranya bisa menambah ilmu pengetahuan maupun wawasan Anda, terutama yang sedang mempelajari ilmu alam biologi. Diharapkan Anda senantiasa mampu untuk memanfaatkan apa yang ada di alam ini dengan bijak.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :


Bantuin Share Yuk!

Tinggalkan Balasan