Struktur Jaringan Epidermis

Bantuin Share Yuk!

Jaringan epidermis pada tumbuhan memiliki fungsi sebagai pelindung, struktur jaringan epidermis memiliki dua jenis yakni morfologi dan anatomi yang kokoh. Tangguhnya jaringan ini karena tersusun antara sel satu dan yang lainnya dengan sangat rapat.

Struktur Jaringan Epidermis
Struktur Jaringan Epidermis

Epidermis pada tumbuhan memiliki protoplas hidup dan juga dapat menyimpan hasil metabolisme, misalnya seperti plastid dan grana. Tidak sedikit membentuk klorofil, pati, protein dan antosianin. Dinding sel luar epidermis memiliki aera luar antarfibril yang lebar.

Bagaimana struktur jaringan epidermis parenkim dan kolenkim?

Parenkim memiliki struktur serta fisiologis yang beragam. Jaringan ini masih dapat melakukan segala kegiatan proses fisiologis khususnya pada jaringan yang dewasa (tua).

Kolenkim memilik 4 pembagian menurut penebalan dinding selnya yaitu kolenkim anguler, kolenkim lameler, kolenkim tubular, dan kolenkim tipe cincin.

Struktur Jaringan Epidermis Daun Rhoeo Discolor

Sebagai jaringan yang berfungsi sebagai pelindung, tentunya sel epidermis memiliki struktur morfologi dan anatomi yang kokoh. Salah satunya sel jaringan epidermis yang berada di daun rhoeo discolor. Struktur jaringan ini terdidi dari sel yang dapat antara satu dan yang lainnya.

  1. Kutikula, lapisan pelindung lilin pada sisi atas daun rhoeo discolor, fungsinya membantu tanaman menahan air.
  2. Epidermis atas, disebut juga botani atau epidermis bawah daun terdiri dari sel-sel epidermal pelindung. Sel ini berisi salah satu prekursor untuk kutikula. Sel ini juga memiliki tugas untuk bagian struktur pada tanaman yang mengalami modifikasi menjadi trikoma atau rambut halus, spanduri, bulu akar dan lain sebagainya.
  3. Epidermis bawah jaringan terdapat jaringan parenkim palisade selmesofil, jaringan ini membentuk pagar atau tiang yang didalamnya terdapat klorofil. Didalamnya terisi kloroplas guna menyerap cahaya matahari untuk fotosintesis dan mengubah air bersama CO2 menjadi gula.
  4. Jaringan parenkim spons merupakan kelompok sel yang longgar tanpa bentuk, fungsinya sebagai pertukaran gas.
  5. Jaringan pengakut didalam lapisan mesofil, adanya xilem atau pembuluh pengangkut air dan mineral berupa nutrisi yang dibawa dari akar ke daun.
  6. Floem, merupakan saluran transportasi yang berisi hasil fotosintesis di daun.
  7. Epidermis bawah, berisi dua jenis sel yakni sel stomata dan dan guard sel.

Struktur Jaringan Epidermis pada Akar

Struktur jaringan epidermis di akar bersama bulu akar terdiri dari sel-sel yang rapat tanpa adanya ruang antarsel, memiliki dinding tipis, panjang sejajar sumbu akar, pada penampang melintang bentuknya membulat. Lalu, dinding sel disusun oleh selulosa bersama pectin yang berguna untuk menyerap air.

Permukaan sel epidermis pada akar yang terdapat di sebelah luar membentuk tonjolan, yakni rambut akar atau bulu akar. Sel pembentuknya terletak di belakang area pembentangan, meliputi sepanjang area satu hingga beberapa centimeter lurus ke bawah.

Bulu akar memiliki fungsi yang sangat vital dalam proses penyerapan air dan mineral dari dalam tanah. Air dan mineral masuk ke dalam tumbuhan lewat sel epidermis, inilah yang membuat sel epidermis pada akar tidak serapat pada sel-sel epidermis di area lain pada tumbuhan.

Struktur Jaringan Epidermis pada Batang

1. Batang Dikotil

Tersusun dari selapis sel yang rapat, tidak memiliki ruang anatrsel. Jaringan epidermis pada batang dikotil memiliki kutikula dan dinding sel berkutin di bagian paling luar batang. Terdapat stomata dan bermacam trikomata, fungsi epidermis di bagian ini untuk melindungi jaringan di bawahnya.

2. Batang Monokotil

Sel epidermis di batang monokotil terdiri dari satu lapis sel, memiliki batas antara korteks dan stele yang umumnya tidak jelas. Di bagian stele monokotil, muncul ikatan pembuluh yang menyebar dan bertipe kolateral tertutup. Hal ini menunjukkan bahwa diantara xilem dan floem tidak ditemukan adanya kambium.

Sedikit penjelasan mengenai struktur jaringan epidermis pada daun rhoeo discolour di atas merupakan penjabaran singkat mengenai sel apa saja yang membentuk jaringan epidermis pada daun tersebut yang ternyata memiliki sedikit perbedaan dengan epidermis di tumbuhan lain.

Baca artikel lainnya yang berkaitan :
pengertian bangsa adalah suatu kelompok manusia atau masyarakat yang mempunyai kesamaan keturunan, budaya, sejarah, bahasa, dan wilayah tertentu yang dianggap nasional serta memiliki kehendak untuk bersatu.
Ciri – Ciri Echinodermata : 1. Mempunyai sistem tabung jaringan hidrolik, 2. Tidak memiliki sistem eksresi. 3. Perkembangbiakan secaraseksual. 4. Pada permukaan tubuh terdiri atas tonjolan – tonjolan yang menyerupai…


Bantuin Share Yuk!
Baca Juga :  Letak Jaringan Epidermis

Tinggalkan Balasan