Struktur Membran Plasma

Bantuin Share Yuk!

Sebelum kamu mempelajari tentang Struktur Membran Plasma lebih lanjut, perlu kalian ketahui. Membran Plasma adalah bagian terluar yang dilapisi oleh sel berupa cairan sel. Mari kita simak lebih lanjut di bawah ini.

  1. Apa itu Struktur Membran Plasma?

    Membran Plasma atau yang biasa dikenal dengan Membran sel mempunyai 2 lapisan lipid yang terbentuk dari fosfolipid ( hubungan antara lemak dan fosfat).

  2. Bagaimana Struktur Membran Plasma?

    Terdapat 14 Struktur Membran Plasma

  3. Apa Nama Struktur Membran Plasma?

    Saluran Protein, Protein Globular, Glikoprotein, Karbohidrat, Kepala Fsfolipid (Hidrofilik), Fosfolipid Bilayer, Molekul Fosfolipid, Ekor Fosfolipid (Hidrofobik), Protein Alpha Helix (Protein Integral), Permukaan Protein, Protein Integral, Protein Perifer, Glikolipid, Kolestrol.

Struktur Membran Plasma WM
Gambar Struktur Membran Plasma WM

Struktur Membran Plasma

Struktur Membran Plasma
Gambar Struktur Membran Plasma 2

Jelaskan Struktur Membran Plasma

Membran Plasma atau yang biasa dikenal dengan Membran sel mempunyai 2 lapisan lipid yang terbentuk dari fosfolipid ( hubungan antara lemak dan fosfat).

Membran Plasma mempunyai alat transportasi di antara molekul fosfolipid (molekul berlapis 2) yang berguna sebagai transportasi masuk dan keluarnya suatu zat.

Membran Plasma mempunyai kemampuan Permeabillitas yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang berguna dan tidak berguna untuk sel.

Membran Plasma mempunyai Lapisan fosfolipid yang memiliki 2 sifat utama :
– Hidrofilik yaitu dapat ditembus oleh air karena punya lapisan fosfat
– Hidrofobik yaitu tidak dapat ditembus oleh air karena lapisannya tersusun oleh lemak

Unit Dasar Struktur Membran Plasma

Unit Dasar dari Struktur Membran Plasma yaitu Fosfolipid Bilayer yang berarti lapisan ganda tipis yang mengandung gugus fosfat dan lipid gugus fosfat yang menjadi jalan transport zat baik secara transport aktif dan inaktif.

Jelaskan Model Mozaik Cair Sebagai Struktur Membran Plasma

Model mozaik cair Membran Plasma menyatakan bahwa protein yang tersebar secara mozaik dan masing – masing terselip di fosfolipid bilayer. Molekul protein dan lemak itu tidak diam, melainkan selalu bergerak melintasi di tepi fosfolipid. Molekul lemak sebagai ‘benda cair’ yang di atasnya dan di dalamnya terdapat molekul protein yang berenang-renang.


Bantuin Share Yuk!